1. PENGERTIAN
Istigotsah dan Tawassul memiliki arti yang
sama, yaitu memohon kepada Allah akan datangnya manfaat atau terhindar dari
bahaya dengan menyebut nama seorang Nabi atau Wali karena memuliakan (ikram)
terhadap keduanya.
2. DASAR HUKUM TAWASSUL
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ
وَابْتَغُوْۤا اِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِه لَعَلَّـكُمْ
تُفْلِحُوْنَ
"Wahai orang-orang yang beriman!
Bertakwalah kepada Allah dan carilah wasilah (jalan) untuk mendekatkan diri
kepada-Nya, dan berjihadlah (berjuanglah) di jalan-Nya, agar kamu
beruntung." (QS. Al-Ma'idah:
35)
وَاِذَا
سَاَلَـكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ؕ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ
فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ
يَرْشُدُوْنَ
"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya
kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan
permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu
memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh
kebenaran." (QS. Al-Baqarah:
186)
قُلِ ادْعُوا اللّٰهَ اَوِ ادْعُوا الرَّحْمٰنَ ؕ اَ يًّا مَّا تَدْعُوْا فَلَهُ الْاَسْمَآءُ
الْحُسْنٰى ۚ
وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ
بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذٰ لِكَ سَبِيْلًا
"Katakanlah (Muhammad), "Serulah
Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu dapat menyeru,
karena Dia mempunyai nama-nama yang terbaik (Asma'ul Husna) dan janganlah
engkau mengeraskan suaramu dalam sholat dan janganlah (pula) merendahkannya dan
usahakan jalan tengah di antara kedua itu."" (QS. Al-Isra': 110)
اِنَّ رُوْحِ الْقُدُّوْسِ لَا يَزَالُ يُوَيِّدُكَ
مَا نَفَخْتَ عَنِ اللهِ وَرَسُولِهِ (رواه مسلم)
“Sungguh Jibril tidak henti-hentinya
menguatkanmu selama engkau bela Allah dan Rasulnya.” (HR. Muslim)
أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمِ سَميتْ بِهِ نَفْسَكَ
أَوْ أْنْزَلْتَهُ فِى كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقَكَ أَوِ
اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِى عِلْمِ
الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ
رَبِيْعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِى وَجِلَاءَ حَزَنِى وَذَهَابَ غَمِّى (رواه ابو
يعلى والبزار)
“Aku memohon kepada-Mu demi setiap nama
yang Engkau peruntukkan bagi-Mu, atau yang Engkau turunkan dalam kitabmu atau
yang Engkau ajarkan pada satu makhluk-Mu atau yang Engkau simpan dalam ilmu
ghaib di sisi-Mu, jadikan Al-Quran sebagai musim semi dan cahaya hatiku, serta
penghilang susah dan keprihatinanku.” (HR. Abu Ya’la dan Bazzar)
عن ابن عباس أن رسول الله صلى الله عليه و سلن يدخل
الجنة من أمتي سبعون ألفا بغير حساب ولا عذاب
فسأله الصحابة عنهم فقال: هم الذين لا يسترقون ولا
يكتوون ولا يتطيرون وعلى ربهم يتوكلون
Dari Ibn 'Abbas sesungguhnya Rasulullah telah
bersabda, “Sesungguhnya akan masuk surga 70.000 orang dari umatku tanpa hisab
dan tanpa adzab". Para sahabat bertanya mengenai siapa mereka. Nabi lalu
menjawab: "mereka adalah orang yang tidak meminta ruqyah, tidak berobat
dengan kay dan tidak ber-thathayyur dan mereka hanya bertawakkal kepada Rabb
mereka” (HR. Al Bukhari)
Dari Anas bin Malik ra sungguh Umar bin
Khattab ra ketika sedang musim kering ia memohon turunnya hujan dengan
perantara Abbas bin Abdulmuttalib ra, seraya berdoa : “wahai Allah, sungguh
kami telah mengambil perantara (bertawassul) pada Mu dengan Nabi kami (Muhammad
saw) agar Kau turunkan hujan lalu Kau turunkan hujan, maka kini kami mengambil
perantara (bertawassul) pada Mu Dengan Paman Nabi Mu (Abbas bin Abdulmuttalib
ra) yang melihat beliau Sang Nabi saw maka turunkanlah hujan" maka
hujanpun turun dengan derasnya.
(Shahih Bukhari hadits No. 954)
3. DASAR HUKUM ISTIGHOTSAH
عَنْ عَبْدِ اللّٰهِ بْنِ عُمَرَ رَضِىَ اللّٰهُ
عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِنّ الشَّمْسَ
تَدْنُو يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى
يَبْلُغَ الْعَرَقُ نِصْفَ اْلأُ ذُنِ فَبَيْنَا هُمْ كَذٰلِكَ
اِسْتَغَا ثُوْا بِآ دَمَ ثُمَّ بِمُوْسَى ثُمَّ بِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَشْفَعُ لِيُقْضَى
بَيْنَ الْخَلْقِ فَيَمْشِى حَتَّى
يَأْخُذَ بِحَلْقَةِ الْبَابِ فَيَوْمَئِذٍ يَبْعَثُهُ اللّٰهُ مَقَامًا
مَحْمُوْدًا يَحْمَدُهُ أَهْلُ الْجَمْعِ كُلُّهُمْ
)رواه
البخارى)
Dari Abdulloh bin Umra RA berkata, ”Rasululloh
SAW bersabda, ”Sesungguhnya matahari pada hari kiamat akan mendekat sehingga
keringat manusia akan mencapai separuh telinganya. Pada saat itulah, mereka
meminta tolong kepada Adam, kemudian kepada Musa, dan terakhir kepada Muhammad
SAW, maka Muhammad SAW menolong agar keputusan diantara manusia dilaksanakan.
Lalu ia berjalan dan mengambil sirkel pintu surga, dan pada saat itulah Alloh
mengangkatnya ke derajat yang terpuji dan dipuji oleh seluruh umat manusia” (HR. Bukhari)
“Ketika salah seorang di antara kalian
kehilangan sesuatu atau membutuhkan pertolongan di suatu tempat yang tidak ada
teman, maka ucapkanlah “Wahai para hamba Allah, tolonglah aku”, karena
sesungguhnya ada hamba-hamba Allah yang tidak bias kami lihat, dan hal itu terbukti” (HR. At-Thabrani)
Diriwayatkan dari Haitsam bin Hanasy, berkata
“Kami bersama Ibnu Umar. Tiba-tiba kaki beliau terkena mati rasa (stroke), maka
salah seorang yang hadir mengatakan kepada beliau “Sebutlah orang yang anda
cintai!” lalu Ibu Umar berkata “Ya Muhammad”, maka seketika kaki beliau sembuh (Ibn Taimiyyah, al-Kalim al-Thayyib, hlm.
173)
Sebagian kaum salaf juga meriwayatkan, bahwa
seorang laki-laki dating kepada Abdul Malik bin Sa’id bin Abhar, lalu memeriksa
perutnya. Lalu Abdul Malik berkata “Anda punya penyakit yang tidak bias
sembuh”. Laki-laki itu bertanya, “penyakit apa?”. Ia menjawab “Tumor dalam
perut”. Laki-laki itu berpindah dan berkata “Allah, Allah, Allah Tuhanku, aku
tidak mempersekutukan Engkau dengan apapun. Ya Allah, aku memanjatkan do’a
kepada-Mu dengan Nabi-Mu, Muhammad, Nabi pembawa rahmat SAW. Ya Muhammad,
sesungguhnya aku memohon kepada Tuhanmu dan Tuhanku dengan engkau, agar
mengasihiku mengenai penyakit yang menimpaku.” Abu Hasyim berkata: “kemudian
Abdul Malik memeriksa perut laki-laki itu, lalu berkata: “sungguh telah sembuh
penyakitmu”, saya (Malik) berkata: “Do’a ini dan semacamnya telah diriwayatkan
dan dilakukan oleh kaum salaf, dan telah dikutip dari Ahmad bin Hanbal dalam
kitab Mansak karya al-Marrudzi tentang tawassul dengan Nabi SAW. (Ibn Taimiyyah, Qa’iddah Jalilah fi
al-Tawassul wa al-Wasilah, hlm. 183)
Kesimpulan :
Berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan At-Thabrani serta
komentar Ulama’, sudah jelas bahwa istigotsah masyru’ah (Disyari’atkan) sejak
masa Rasulullah SAW.
4.
BACAAN
ISTIGHOTSAH
Tawasul
Tawasul
(١) إِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ الْمُصْطَفَى مَحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عليه وسلم وَآلِهِ وَاَوْلَادِهِ وَاَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ شَيْءٌ لِلّٰه لَهُمُ الفاتحة
(٢) ثُمَّ إِلَى أَرْوَاحِ آبَائِهِ وَإِخْوَانِهِ مِنَ الْاَنْبِيآءِ وَالمُرْسَلِينَ وَإِلى المَلآئِكَةِ المُقَرَّبِيْنَ وَالكُرُوبِيِّيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَآلِ كُلِّ وَأَصْحَابِ كُلٍّ وَإِلَى اَرْوَاحِ أَبِيْنَا سَيِّدِنَا آدَمَ وَأُمِّنَا سَيِّدَتِنَا حَوَّا وَمَا تَنا سَلَ بَيْنَهُمَا إِلَى يَوْمِ الدِّينِ شَيْءٌ لِلّٰه لَهُمُ الفاتحة
(٣) ثُمَّ إِلَى أَرْوَاحِ سَادَتِنَا وَمَوَالِيْنَا وَأَئِمَّتِنَا أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَان وَعَلِيِّ وَإِلَى اَرْوَاحِ بَقِيَّةِ الصَّاحَبَةِ والتَّابَعِيْنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانِ إِلَى يَوْمِ الدِّينِ شَيْءٌ لِلّٰه لَهُمُ الفاتحة
(٤) ثُمَّ إِلَى أَرْوَاحِ الْأَئِمَّةِ المُجْتَهِدِيْنَ وَمُقَلِّدِيْهِمْ فِى الدِّيْنِ ثُمَّ إِلَى أَرْوَاحِ العُلَمَاءِالرَّاشِدِيْن وَالقُرَّاءِ المُخْلِصِيْنَ وَأَئِمَّةِ الْحَدِيثِ وَالمُفَسِّرِيْنَ وَسَائِرِ سَادَاتِنَا الصُّوفِيَّةِ المُحَقِّقِيْنَّ وإِلَى أَرْوَاحِ كُلِّ وَلِيٍّ وَوَلِيَّةٍ وَمُسْلِمٍ ومُسْلِمَةٍ مِنْ مَشَارِقِ الأَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا وَمِنْ يَمِينِهَا إِلَى شِمَالِهَا شَيْءٌ لِلّٰه لَهُمُ الفاتحة
(٥) ثُمَّ إِلَى أَرْوَاحِ مَشَايِخِ الْقَدِرِيَّةِ وَالنَّقْشَبَنْدِيَّةِ وَجَمِيعِ أَهْلِ الطُّرُقِ خُصُوصًا إِلَى سُلْطَانِ الْأَوْلِيَاءِ سَيِّدِنَا الشَّيْجِ عَبْدِ القَادِرِ الجِيلَانى وَسَيِّدِالطَّائِفَةِ الصُّوفِيَّةِ أَبِى القَاسِمِ الجُنَيْدِى البَغْدَادِيِّ وَسَيِّدِ سِرِّى السَّقَطِى وَسَيِّدِ الشَّيْخِ مَعْرُوفِ الكَرخِى وَسَيِّدِ الشَّيْخ حَبِيبِ العَجَمِى وَسَيِّدِ الشَّيْخ حَسَنِ البَصْرِيِّ وَسَيِّدِ الشَّيْخ إِمَامِ جَعْفَرِ الصَّادِقِ وَسَيِّدِ الشَّيْخ أَبِى يَزِيْدَ البُسْطَامِى وَسَيِّدِ الشَّيْخ يُوسُفَ الهِنْدَانِى وَسَيِّدِ الشَّيْخ مُحَمَّدٍ بَهَاءِ الدِّيْنِ النَّقْشَبَنْدِيِّ وَإِلَى حَضْرَةِ الْإِمَامِ الرَّبَّانِى وَأُصُولِهِمْ وَفُرُوْعِهِمْ وَأَهْلِ سِلْسِلَتِهِمْ شَيْءٌ لِلّٰه لَهُمُ الفاتحة
(٦) ثُمَّ إِلَى أَرْوَاحِ وَلِدِيْنَا وَوَلِدِيْكُمْ وَمَشَايِخِيْنَا وَمَشَايِخِكُمْ وَأَمْوَاتِنَا وَأَمْوَاتِكُمْ وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ أَوْصَانَا وَقَلَّدَنَا عِنْدَكَ بِدُعَاءِ الخَيْرِ شَيْءٌ لِلّٰه لَهُمُ الفاتحة
(٧) ثُمَّ إِلَى أَرْوَاحِ جَمِيْعِ المُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ وَالمُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْأَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَاوَمِنْ يَمِيْنِهَا إِلَى شِمَالِهَا وَمِنْ قَافٍ إِلَى قَافٍ مِن لَدُنْ آدَمَ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ شَيْءٌ لِلّٰه لَهُمُ الفاتحة
(٨) ثُمَّ إِلَى أَرْوَاحِ حَضْرَةِ الشَّيْخِ الْعَارِفِ بِاللهِ الْمُرْشِدِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ خَلِيْل الْجُرَيْمِى وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ الْعَارِفِ بِاللهِ الْمُرْشِدِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ مُحَمَّدْ رَمْلِى تَمِيْم وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ الْعَارِفِ بِاللهِ الْمُرْشِدِ الدُّكْتُور كِيَاهِى الْحَـاجِّ مُحَمَّد مُسْتَعِيْنْ رَمْلِى وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ الْعَارِفِ بِاللهِ الْمُرْشِدِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ أَحْمَدْ رِفَاعِى رَمْلِى وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ أَحْمَدْ دَمَنْهُرِ ى رَمْلِى وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ مُحَمَّدْ دَحْلَانْ خَلِيلْ وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ مُحَمَّدْ مَعْصُومْ خَلِيلْ وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ مُحَمَّدْ حَسَنْ بِصْرِى خَلِيلْ وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ مُحَمَّدْ صَفْيَانْ خَلِيلْ وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ أَحْمَدْ بَدَوِى وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ عُمَرْ تَمِيمْ وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ هَاشِمْ عُمَرْ وَحَضْرَةِ الشَّيْخِ كِيَاهِى الْحَـاجِّ أَحْمَدْ حَنَّانْ مَعْصُومْ وَاُصُولِهِمْ وَفُرُوعِهِمْ وَأَهْلِ سِلْسِلَتِهِمْ فِى الْمَعْهَدِ دَارُ الْعُلُومِ شَيْءٌ لِلّٰه لَهُمُ الفاتحة
(٩) ثُمَّ إِلَى أَرْوَاحِ وَالِدِيْنَا وَوَالِدِكُمْ وَمَشَايِخِنَا وَمَشَايِخِكُمْ وَأَسَاتِذِنَا وَاَوْلَادِنَا وَتَلَامِيْذِنَا وَاَخَوَاتِنَا وَأَمْوَاتِنَا وَأَمْوَاتِكُمْ وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ أَوْصَانَا وَقَلَّدَنَا عِنْدَكَ بِدُعَاءِ الْخَيْرِ شَيْءٌ لِلّٰه لَهُمُ الفاتحة
(١٠) ثُمَّ عَلَى كُلِّ نِيَّةٍ وَسِرِّ الفــــاتحة
Bacaan Istighotsah
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيم
۱ .الفَاتِحَة
۲ .أسْتَغْفِرُ
اللهَ الْعَظِيْمَ
۳ .لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
۳ .لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
۴ .لَا حَوْلَ
وَلَا مَلْجَأَ مِنَ اللهِ إِلَّا إِلَيْهِ
۵ .أللَّهُمَّ
صَلِّي وسلم عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
۶ .يَا اَللهُ يَا
قَدِيْمُ
۷ .يَا سَمِيْعُ
يَا بَصِيْرُ
۸ .يَا مُبْدِعُ
يَا خَالِقُ
۹ .يَا حَفِيْظُ
يَا نَصِيْرُ يَا وَكِيْلُ ياَ الله
۱۰
.يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أسْتَغِيْثُ
۱۱
.لَا إلهَ إلَّا أنْتَ سُبْحَانَكَ إنِّي كُنْتُ
مِنَ الظَّالِمِيْنَ
۱۲
.يَا لَطِيْفُ
۱۳
.يارحمن يارحيم
۱۴
.أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ إنَّهُ كَانَ
غَفَّارًا
۱۵ .اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَـــيِّدِناَ مُحَمّــــَدٍ قَدْ ضـَاقَتْ حِـــيلَتِي أَدْرِكْـنِي يَا رَسُــولَ اللهِ
۱۵ .اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَـــيِّدِناَ مُحَمّــــَدٍ قَدْ ضـَاقَتْ حِـــيلَتِي أَدْرِكْـنِي يَا رَسُــولَ اللهِ
۱۶
.اَللّهُمَّ صَلِّ صَلَاًة كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا
تَامًّا عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ الَّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ
وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ
الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ َويُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ
الْكَرِيمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِي كُلِّ لَـمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ
مَعْلُومٍ لَكَ
۱۷
.اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ
صَلَاةً تُـنْجِينَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ. َوتَقْضِي
لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ. وَتُـطَهِّرُناَ بِهَا مِنْ جَمِيعِ السَّيِّئاَتِ.
وَتَرْفَعُنَا بِهَا أَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُـبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى
الْغَايَاتِ. مِنْ جَمِيعِ الْخَيْرَاتِ فِي الْحَيَاتِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ
۱۸
.يَا بَدِيْعُ
۱۹
.يس فضيلة
۲۰
.اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ , يَا
رَبَّنَا وَإلَهَنَا وَسَيِّدَنَا أنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ
الْكَافِرِيْنَ
۲۱.
حَصَّنْتُكُمْ بِالْحَيِّ الْقَيُّوْمِ الَّذِيْ
لَا يَمُوْتُ أبَدًا , وَدَفَعْتُ عَنْكُمُ السُّوْءَ بِألْفِ ألْفِ لَا حَوْلَ
وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
۲۲.
الْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أنْعَمَ عَلَيْنَا
وَهَدَانَا عَلَى دَيْنِ الإسْلَامِ
۲۳
.بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَسُوْقُ
الْخَيْرَ إلَّا اللهِ , بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا يَصْرِفُ السُّوْءَ
إلَّا اللهُ , بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ مَا كَانَ مِنْ نِعْمَةٍ فَمِنَ اللهِ
, بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ
الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
۲۴
.سَألْتُكَ يَا غَفَّارُ عَفْوًا وَتَوْبَةً
وَبِالْقَهْرِ يَا قَهَّارُ خُذْ مَنْ تَحَيَّلَا
۲۵
.وَعَطِّفْ قُلُوبَ الْعَالَمِيْنَ بِأَسْرِهَا ,
عَلَيَّ وَأَلْبِسْنِيْ قَبُولاً بِشَلْمَهَتْ ، نَرُدُّ بِكَ الْأَعْدَاءَ مِنْ
كُلِّ وِجْهَةٍ , وَبِالْإِسْمِ نَرْمِيْهِمْ مِنَ الْبُعْدِ بِالشَّتَتْ
۲۶
.مَا شَاءَ اللهُ
۲۷
.يَا جَبَّارُ يَا قَهَّارُ يَا ذَا الْبَطْشِ
الشَّدِيْدِ , خُذْ حَقَّنَا وَحَقَّ الْمُسْلِمِيْنَ مِمَّنْ ظَلَمَنَا
وَالْمُسْلِمِيْنَ وَتَعَدَّى عَلَيْنَا وَعَلَى الْمُسْلِمِيْنَ
Sayyidul Istighfar
اَللَّهُمَّ
أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ،
وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ
مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ
فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ
Ya Allah Engkaulah Tuhanku,
tidak ada Tuhan yang patut disembah kecuali Engkau yang menjadikan aku. Aku
hamba-Mu dan aku dalam genggaman-Mu. Aku dalam perjanjian-Mu, beriman dan
bertaat kepada-Mu sekedar kesanggupan yang ada padaku. Aku berlindung kepada-Mu
dari kejahatan yang aku perbuat. Tidak ada yang dapat mengampuni dosa seseorang
kecuali Engkau, wahai Tuhanku.
5. FAEDAH BACAAN ISTIGHOTSAH
1) Surah Al-Fatihah
Diantara fadhilah
Surah Al-Fatihah:
a. Barang siapa yang istiqomah dalam
membaca Surah Al-Fatihah setiap selesai sholat fardhu sebanyak 7 kali, maka
Allah SWT akan membuka pintu kebaikan kepada orang tersebut dan akan dicukupi
apa yang menjadi kepentingan agama. Dan jika dibaca sebanyak 20 kali setiap
selesai sholat fardhu, maka Allah SWT akan mengabulkan maksud dari orang
tersebut
b. Telah disebutkan dalam hadits Nabi,
yang artinya “Barangsiapa membaca surah Al-Fatihah maka seakan-akan sama halnya
dengan membaca kitab Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Quran
2) أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ
(Saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung)
Diantara fadhilah istighfar:
a. Syaikh Ma’ruf Al-Kurkhi menceritakan hadits dari sahabat Anas
bin Malik dan sahabat Abdullah bin Umar yang maksudnya adalah pada suatu hari
ada seorang lelaki dating kepada Nabi Muhammad SAW seraya berkata, “Ya
Rasulullah, Tunjukkan kepada kami amal apakah yang jika kami lakukan dapat
menyebabkan kami masuk surge?”. Rasulullah menjawab, “Kamu jangan mudah
marah-marah”, orang tadi menjawab, “kami tidak mampu untuk menahan marah, yaa
Rasulullah”. Kemudian Rasulullah menjawab: “Jika kamu tidak mampu untuk menahan
amarah, maka bacalah Istighfar kepada Allah dalam seharinya 70 kali setiap
selesai sholat Ashar, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah
dikerjakan selama 70 tahun”. Lelaki tersebut berkata lagi, “Jika dosa kami
tidak mencapai sebesar itu bagaimana?”, Rasulullah menjawab: “Allah akan
mengampuni dosa-dosa keluarga/kerabatmu”
b. Rasulullah SAW bersabda : “Mohonlah ampun (kamu sekalian) kepada
Tuhanmu, sesungguhnya kami (Nabi Muhammad) mohon ampun dan bertaubat kepada
Allah dalam setiap harinya 100 kali.
c. Firman Allah Ta’ala : “Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu
dan memohon ampunlah kepada-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat”
3) لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
(Tidak ada daya dan upaya untuk menjauhi maksiat
kecuali dengan pemeliharaan Allah dan tiada kekuatan untuk melakukan ketaatan
kecuali dengan pertolongan Allah)
Diantara
fadhilahnya :
a. Nabi bersabda yang maksudnya : Barang
siapa membaca kalimat tersebut sebanyak 100 kali dalam setiap harinya, maka
selamanya tidak akan dilanda kefakiran.
b. Barang siapa membaca kalimat tersebut
sebanyak 300 kali dalam setiap harinya, maka Allah akan membuka kepentingan
atau menghilangkan kesusaha orang tersebut.
4) لَا حَوْلَ وَلَا مَلْجَأَ مِنَ اللهِ إِلَّا إِلَيْهِ
(Tidak ada tempat perlindungan dari Allah kecuali hanya kepada-Nya)
“Barang siapa dalam keadaan masyakkot (kesulitan) atau
hatinya tidak tenang kemudian membaca kalimat tersebut dengan istiqomah maka
Allah akan melapangkan dada dan memberi keselamatan kepada orang etrsebut.”
5) أللَّهُمَّ صَلِّي وسلم عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ
(Ya Allah. Limpahkanlah rahmat kemuliaan dan keselamatan kepada
junjungan kami Nabi Muhammad berserta keluarganya)
Diantara fadhilahnya adalah :
Diantara fadhilahnya adalah :
a. Nabi Muhammad bersabda : Barang siapa
memberbanyak bacaan sholawat kepadaku, maka Allah akan memberi kekayaan yang
tidak bias fakir selamanya.
b. Nabi Muhammad bersabda yang maksudnya,
“Barang siapa yang membaca sholawat kepadaku, maka para Malaikat akan
memintakan ampunan kepada Allah terhadap orang tersebut. Barang siapa
dimintakan ampun oleh Malaikat, maka Allah akan mengasihani kepada orang
tersebut sesuatu yang ada di tujuh langit, tujuh bumi, dan tujuh lautan, begitu
pula tumbuh-tumbuhan serta hayawan akan memintakan ampunan kepadanya.
c. Anjuran membaca sholawat atas Nabi
Muhammad SAW terantum dalam Quran Surah Al-Ahzab ayat 56.
6) يَا اَللهُ يَا قَدِيْمُ
(Wahai Allah, wahai Dzat yang ada tanpa
permualaan)
Diantara fadhilahnya :
a. Barang siapa dalam setiap gerak-geriknya selalu berdzikir dengan
lafadz jalalah (Allah), maka orang tersebut akan dapat melihat sesuatu yang
ajaib-ajaib, baik yang ada di langit atau di bumi, dan Allah akan memberikan
keistimewaan bahwa segala sesuatu yang ada akan tunduk kepadanya, sehingga
umpama orang tersebut berkata pada pasir “Jadilah tepung!” niscaya pasir
tersebut akan berubah menjadi tepung dengan izin Allah.
b. Barang siapa memperbanyak lafadz “Yaa Qodiim” dengan istiqomah,
Insyaa Allah orang tersebut akan disayangi oleh sesame manusia dan diberi
selamat dari kejahatan orang-orang yang berwatak keras, sehingga orang yang
berwatak keras tersebut akan tunduk padanya dan akan menuruti keinginannya
tersebut.
7) يَا سَمِيْعُ يَا بَصِيْرُ
(Wahai Allah, wahai Dzat Yang Maha Mendengar dan
Maha Melihat)
Diantara fadhilahnya adalah :
a. Barang siapa yang banyak berdzikir dengan lafadz “Yaa Samii’u”
maka doanya mudah dikabulkan Allah, dan segala ucapannya akan selalu
diperhatikan oleh orang lain yang mendengarkannya. Untuk itu patut sekali bagi
para da’i atau mubaligh untuk memperbanyak dzikir dengan kalimat tersebut.
b. Barang siapa yang berdzikir “Yaa Bashiir” maka Allah akan
menampakkan kepadanya perkara-perkara yang samar dan tidak merasa takut akan
urusan agama dan dunianya.
8) يَا مُبْدِعُ يَا خَالِقُ
(Wahai Dzat yang mewujudkan sesuatu dari tidak
ada, wahai Dzat Yang Maha Pencipta)
Diantara fadhilahnya adalah :
a. Barang siapa yang banyak berdzikir dengan lafadz “Yaa Mubdi’u”
maka Allah akan memberi hikmah dalam perkataannya kepada orang tersebut.
b. Barang siapa akan memulai segala sesuatu dengan disertai bacaan
“Yaa Mubdi’u” maka Allah akan memberi berkah terhadap perkara tersebut
c. Lafadz “Yaa Khooliq”, saat ini sangat patut/diutamakan bagi para
karyawan pengusaha untuk memperbanyak berdzikir dengan lafadz tersebut sehingga
dalam hati akan tertanam bahwa segala sesuatu yang ia perbuat semata-mata
sebagai perantara, sedangkan hakikatnya pencipta adalah Allah SWT.
9) يَا حَفِيْظُ يَا نَصِيْرُ يَا وَكِيْلُ ياَ الله
(Wahai Dzat yang memelihara dari keburukan dan
kebinasaan, wahai Dzat Yang Maha Menolong, wahai Dzat yang menjamin rizki para
hamba dan mengetahui kesulitan-kesulitan hamba, Ya Allah)
Diantara fadhilahnya adalah :
a. Barang siapa saat bepergian selalu berdzikir lafadz “Yaa
Hafiidz” maka Allah menjaganya selama dalam bepergian hingga pulang
b. Barang siapa yang merasa takut (khawatir) jatuh dari sesuatu
yang dirasanya berat serta banyak berdzikir dengan lafadz “Yaa Hafiidz” maka
akan diselamatkan oleh Allah
c. Barang siapa yang berdzikir dengan lafadz “Yaa Nashiir” pada
saat berdebat dengan orang lain, maka orang tersebut akan mendapat pertolongan
dari Allah serta diberi kemenangan
d. Barang siapa berdzikir dengan lafadz “Yaa Wakiil” maka Allah
akan mencukupi kebutuhannya dan memberi rizqi yang tiada terhingga banyaknya.
10) يَا حَيُّ
يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أسْتَغِيْثُ
(Wahai Dzat Yang Hidup, Yang terus menerus mengurus makhluknya,
dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan-Mu)
“Barang siapa berdzikir dengan lafadz tersebut di atas
maka akan diberi kelapangan oleh Allah, dalam hal ini telah dibenarkan dalam
hadits Nabi Muhammad SAW yang artinya “Dari sahabat Anas ra dari Nabi
Muhammad SAW sesungguhnya beliau ketika dalam keadaan susah, kemudian beliau
membaca “Yaa Hayyu Yaa Qoyyuumu birohmatika astaghiits”
11)
لَا إلهَ
إلَّا أنْتَ سُبْحَانَكَ إنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ
(Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau,
Maha Suci Engkau, Sungguh aku termasuk orang-orang yang telah berbuat dzalim)
Nabi Muhammad SAW bersabda yang maksudnya kurang lebih
ialah : “Barang siapa dalam keadaan yang rumit/sulit dipecahkan, apabila
membaca kalimat tersebut, maka Allah akan memberi kemudahan (kelapangan). Hal
ini pernah diamalkan Nabi Yunus AS saat menghadapi situasi paling sulit, yaitu
pada saat berada di dalam perut ikan. Akhirnya berkat do’a tersebut, maka Nabi
Yunus atas izin Allah dapat keluar dari perut ikan dengan selamat.
12)
يَا لَطِيْفُ
(Wahai Dzat yang Maha Lembut Kasih Sayangnya)
Jika seseorang selalu berdzikir dengan lafadz “Yaa
Lathiif” maka yang sedih menjadi lapang, yang sakit menjadi sembuh, dan yang
dibenci oelh pemimpin atau orang yang dzolim akan selamat dengan izin Allah.
13)
يارحمن يارحيم
(Wahai Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyayang)
Diantara fadhilahnya adalah :
a.
Barang siapa yang selalu
berdzikir maka akan selalu mendapat ridho dari Allah. Dan Allah akan
memandangnya dengan penuh kasih saying
b. Menurut riwayat dari pada Nabi Khidhir AS, “Barang siapa membaca
“Yaa Allah Yaa Rohmaan) setelah sholat Ashar di hari Jum’at hingga terbenamnya
matahari, kemudian berdo’a kepada Allah, maka do’anya akan dikabulkan.
c. Segala perkara baik lahir maupun bathin akan disayangi oleh
sesame manusia walaupun orang yang berhati keras.
14) أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ إنَّهُ كَانَ غَفَّارًا
(Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung,
sungguh Allah Dzat Yang Maha Pengampun)
Istighfar ini lebih utama karena ditambah kalimat “Innahu
Kaana Ghoffaroo”. Berkata para Ulama salaf : “Barang siapa banyak membaca
“Astaghfirullahal ‘adziima innahu kaana ghoffaroo”, maka Allah akan memberikan
banyak barokah pada ilmunya, rizkinya, dan barokah anak-anaknya. Istighfar ini
sebaiknya dibaca 70 kali setiap hari (Daru Mantsur)
15) اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَـــيِّدِناَ مُحَمّــــَدٍ قَدْ ضـَاقَتْ
حِـــيلَتِي أَدْرِكْـنِي يَا رَسُــولَ اللهِ
(Ya Allah, limpahkanlah rahmat kemuliaan dan
keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, sungguh telah habis daya dan
upayaku maka tolonglah aku. Ya rasulullah)
Fadhilahnya :
Barang siapa mempunyai hajat kemudian membaca sholawat ini 100 kali, maka Allah
akan mengabulkan segala permintaannya, dan juga bagi si pembaca akan
dihindarkan dari kesusahan. (Majmu ash-Sholawat)
16) Sholawat Nariyah
اَللّهُمَّ صَلِّ صَلَاًة كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى
سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ الَّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ
وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ َويُسْتَسْقَى
الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِي كُلِّ لَـمْحَةٍ وَنَفَسٍ
بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُومٍ لَكَ
(Wahai Allah limpahkanlah kemurahan dan
kesejahteraan yang sempurna atas junjungan kita Nabi Muhammad yang dapat
melepaskan beberapa ikatan atau kerepotan, menghilangkan kesusahan-kesusahan,
mendatangkan hajat, mendapatkan beberapa kesenangan, husnul khootimah dan
dicurahkan beberapa kehormatan sebab wajah yang mulia, dan semoga atas seluruh
keluarga dan para sahabat beliau pada setiap saat dan nafas dengan sebanyak
yang Engkau ketahui dengan kehormatan-Mu, wahai Allah yang Maha Belas Kasihan.)
Fadhilahnya :
a. Barang siapa membaca sholawat nariyah sebanyak 10 kali ba’da
sholat wajib secara istiqomah, insya Allah akan ditingkatkan pangkat/derajatnya
dan akan dimudahkan oleh Allah rezeqinya.
b. Apabila dibaca setelah sholat shubuh sebanyak 40 kali, maka akan
dipercepat oleh Allah dari segala hajatnya. Dan apabila dibaca 1000 kali maka
insya Allah akan diberi karomah yang sangat tinggi.
17)
Sholawat Munjiyat
اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُـنْجِينَا بِهَا
مِنْ جَمِيعِ الْأَهْوَالِ وَالْآفَاتِ. َوتَقْضِي لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ.
وَتُـطَهِّرُناَ بِهَا مِنْ جَمِيعِ السَّيِّئاَتِ. وَتَرْفَعُنَا بِهَا أَعْلَى الدَّرَجَاتِ.
وَتُـبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ. مِنْ جَمِيعِ الْخَيْرَاتِ فِي الْحَيَاتِ
وَبَعْدَ الْمَمَاتِ
(Wahai Allah limpahkanlah kemurahan atas junjungan
kami Nabi Muhammad, kemurahan yang dpaat menyelamatkan kami dari segala
huru-hara dan beberapa ‘afat, dapat menghasilkan kami beberapa hajat, dapat
membersihkan kami dari segala kejelekan, dapat mengangkat kami di hadapan
Engkau kederajatan yang lebih tinggi, dapat menyampaikan kami menuju kebajikan
yang paling jauh dalam kehidupan dan sesudah mati.
Barang siapa yang membaca sholawat munjiyat 1000 kali
pada tengah malam kemudian memohon apa yang menjadi hajatnya, insya Allah akan
dikabulkan apa yang menjadi maksudnya, baik urusan dunia maupun akhiratnya, (Khozinatul
Asror)
18)
يَا بَدِيْعُ
(Wahai Dzat yang menciptakan makhluk tanpa ada
contoh sebelumnya)
Barang siapa selalu berdzikir dengan lafadz tersebut
maka akan tercapai sesuatu ilmu yang dicita-citakan serta akan diberi kepahaman
terhadap sesuatu yang tidak dipahaminya, dan Allah akan mengalirkan hikmah
dalam ucapannya.
19)
يس فضيلة
Surah Yaasiin
Barang siapa masuk ke makam kemudian membaca surat
Yaasiin, maka siksanya penghuni makam waktu itu diringankan oleh Allah dan
orang-orang yang membaca tersebut akan memperoleh kebaikan sebanyak jumlah
penghuni makam
20)
اللهُ أكْبَرُ
اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ , يَا رَبَّنَا وَإلَهَنَا وَسَيِّدَنَا أنْتَ مَوْلَانَا
فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِيْنَ
(Allah maha besar, Wahai Tuhan kami, sesembahan kami, Tuan kami, Engkau-lah penolong kami, menangkan kami atas orang-orang kafir)
(Allah maha besar, Wahai Tuhan kami, sesembahan kami, Tuan kami, Engkau-lah penolong kami, menangkan kami atas orang-orang kafir)
Fadhilanya adalah :
a.
Barang siapa membaca takbir
seperti saat perang sabil (membela agama Allah), maka takbir tersebut di hari
qiyamat akan mempunyai nilai yang besar di hadapan Allah serta lebih berat
nilainya dibandingkan dengan beratnya langit dan bumi.
b.
Barang siapa pada saat
perang sabil membaca takbir dan tahlil dengan suara yang keras, maka orang
tersebut akan mendapat ridho dari Allah serta diikutkan golongan Nabi Muhammad
dan Nabi Ibrahim serta para Nabi lainnya.
21)
حَصَّنْتُكُمْ
بِالْحَيِّ الْقَيُّوْمِ الَّذِيْ لَا يَمُوْتُ أبَدًا , وَدَفَعْتُ عَنْكُمُ السُّوْءَ
بِألْفِ ألْفِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
(Aku mohonkan pemeliharaan untuk kalian kepada Dzat Yang Maha Hidup dan terus menerus mengatur hamba-Nya yang tidak pernah mati selamanya, dan aku tolak dan hindarkan dari kalian segala keburukan dengan sejuta bacaan “La haula wa la quwwata illa billahil aliyyil adzim)
(Aku mohonkan pemeliharaan untuk kalian kepada Dzat Yang Maha Hidup dan terus menerus mengatur hamba-Nya yang tidak pernah mati selamanya, dan aku tolak dan hindarkan dari kalian segala keburukan dengan sejuta bacaan “La haula wa la quwwata illa billahil aliyyil adzim)
Diantara fadhilahnya adalah :
a.
Disebutkan bahwa ada
seorang Nabi sedang melihat kaumnya yang sangat kagum atas suatu kejadian
dimana dalam tempo sebentar, terdapat 70.000 diantaranya yang mati, kemudian
Allah menurunkan wahyu kepada Nabi-Nya agar membaca kalimat tersebut di atas.
b.
Disebutkan dalam Kitab
Fathul Malik Almajid, bahwa jika kalimat tersebut sering dibaca, akan terhindar
dari penyakit ain (sebangsa frustasi/linglung dan lain-lain)
22)
الْحَمْدُ
للهِ الَّذِيْ أنْعَمَ عَلَيْنَا وَهَدَانَا عَلَى دَيْنِ الإسْلَامِ
(Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita nikmat dan petunjuk kepada agama Islam)
(Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kita nikmat dan petunjuk kepada agama Islam)
Allah berfirman dalam Surat Ibrahim ayat 7, yang
maksudnya adalah barang siapa bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang
telah diberikan kepadanya, maka Allah akan menambah nikmat tersebut,
tetapi jika seseorang ingkar atas
nikmatnya, sesungguhnya siksaan Allah sangat pedih.
23)
بِسْمِ اللهِ
مَاشَاءَ اللهُ لَا يَسُوْقُ الْخَيْرَ إلَّا اللهِ , بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ
لَا يَصْرِفُ السُّوْءَ إلَّا اللهُ , بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ مَا كَانَ مِنْ
نِعْمَةٍ فَمِنَ اللهِ , بِسْمِ اللهِ مَاشَاءَ اللهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا
بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
(Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali la. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang menyingkirkan keburukan kecuali la. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada kenikmatan melainkan dari Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tiada daya untuk berbuat kebaikan kecuali dengan pertolongan Allah dan tiada kekuatan untuk menghindar dari perbuatan maksiat kecuali dengan perlindungan Allah yang maha Mulia dan maha Agung)
(Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali la. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang menyingkirkan keburukan kecuali la. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada kenikmatan melainkan dari Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tiada daya untuk berbuat kebaikan kecuali dengan pertolongan Allah dan tiada kekuatan untuk menghindar dari perbuatan maksiat kecuali dengan perlindungan Allah yang maha Mulia dan maha Agung)
Imam Susuthi dalam kitab al- Mirjan dari Abdullah bin
Abbas berkata, bahwa Nabi Khidhir dan Nabi Ilyas bertemu pada setiap musim
haji, kemudian menjelang waktu perpisahannya, sama-sama berdo’a dengan
bacaan-bacaan tersebut di atas. Setelah itu Abdullah bin Abbas berkata, “Barang
siapa membaca do’a tersebut setiap sore sebanyak 3 kali, maka Allah memberi selamat
kepadanya dari tenggelam, kebakaran,
kecurin, gangguan syetan dan rasa dzolim seta dari binatang-binatang yang
berbisa.
24)
سَألْتُكَ
يَا غَفَّارُ عَفْوًا وَتَوْبَةً وَبِالْقَهْرِ يَا قَهَّارُ خُذْ مَنْ تَحَيَّلَا
(Ya Allah, aku memohon ampunan dan taubat yang diterima kepada-Mu Ya Allah yang maha pengampun, dan dengan kekuatan dan kekuasaan-Mu Wahai Dzat yang maha Mengalahkan, tundukkan dan hukumlah orang yang melakukan tipu muslihat dan ingin mencelakai kami)
(Ya Allah, aku memohon ampunan dan taubat yang diterima kepada-Mu Ya Allah yang maha pengampun, dan dengan kekuatan dan kekuasaan-Mu Wahai Dzat yang maha Mengalahkan, tundukkan dan hukumlah orang yang melakukan tipu muslihat dan ingin mencelakai kami)
Diantara fadhilahnya adalah :
a.
Barang siapa berdzikir
dengan kalimat “Yaa Ghoffar” setelah sholat jum’at 100 kali, maka Nampak
tanda-tanda orang yang mendapat pengampunan dari Allah.
b.
Lafadz “Yaa Qohhar” :
Barang siapa yang selalu berdzikir dengan lafadz tersebut, maka akan mendapat
kehilangan rasa kagum terhadap sesuatu selain Allah, serta untuk menjernihkan
hati dari segala sesuatu yang bersandar pada keduniaan semata.
25)
وَعَطِّفْ
قُلُوبَ الْعَالَمِيْنَ بِأَسْرِهَا , عَلَيَّ وَأَلْبِسْنِيْ قَبُولاً بِشَلْمَهَتْ
، نَرُدُّ بِكَ الْأَعْدَاءَ مِنْ كُلِّ وِجْهَةٍ , وَبِالْإِسْمِ نَرْمِيْهِمْ مِنَ
الْبُعْدِ بِالشَّتَتْ
(Lunakanlah hatinya orang-orang sejagat, agar
mereka senang dengan kami, kabulkanlah permohonan kami. Dengan nama-Mu Yaa
Allah, kami menolak musuh-musuh dari segala arah, dan dengan nama-Mu pula
mereka kami lempar dari jauhan sehingga mereka menjadi rusak)
Diantara fadhilahnya :
a.
Barang siapa yang selalu
membaca Hizib pertama di atas setiap sehari semalam sebanyak 7 kali, maka orang
tersebut akan memperoleh kemuliaan, do’anya akan dikabulkan dan setiap orang
yang tahu atau kenal akan menaruh rasa
senang kepadanya
b.
Hizib yang kedua di atas
jika dibaca di hadapan musuh sebanyak 3 kali, maka mulutnya akan terasa
terkunci (sulit berbicara) serta kakinya merasa bergetar ketakutan
26)
مَا شَاءَ
اللهُ
(Segala sesuatu terjadi karena kehendak Allah)
(Segala sesuatu terjadi karena kehendak Allah)
27)
يَا جَبَّارُ
يَا قَهَّارُ يَا ذَا الْبَطْشِ الشَّدِيْدِ , خُذْ حَقَّنَا وَحَقَّ الْمُسْلِمِيْنَ
مِمَّنْ ظَلَمَنَا وَالْمُسْلِمِيْنَ وَتَعَدَّى عَلَيْنَا وَعَلَى الْمُسْلِمِيْنَ
(Wahai Dzat yang Maha Mengalahkan, Maha Menundukkan, Dzat yang keras azab-Nya, ambilkan hak-hak kami dan hak-hak umat Islam dari orang-orang yang menzhalimi kami dan menzhalimi umat Islam, yang telah menganiaya kami dan menganiaya umat Islam)
(Wahai Dzat yang Maha Mengalahkan, Maha Menundukkan, Dzat yang keras azab-Nya, ambilkan hak-hak kami dan hak-hak umat Islam dari orang-orang yang menzhalimi kami dan menzhalimi umat Islam, yang telah menganiaya kami dan menganiaya umat Islam)
Hizib tesebut di atas jika dibaca pada saat keluarnya
matahari atau di tengah malam hari dapat merusak orang-orang yang berbuat
dzolim.
6. PROFIL KH. ROMLY TAMIM
Kata “Istighotsah” adalah bentuk masdar dari
fi’il madhi “istaghotsa” yang berarti memohon pertolongan. Secara terminologis,
istighotsah berarti beberapa bacaan wirid (awrod) tertentu yang dilakukan untuk
memohon pertolongan kepada Allah atas beberapa masalah hidup yang dihadapi.
Istighotsah ini mulai banyak dikenal oleh masyarakat khususnya kaum Nahdliyyin
baru ada pada tahun 1990-an. Di Jawa Timur, ‘ulama yang ikut mempopulerkan
istighotsah adalah Almarhum KH. Imron Hamzah (Rais Syuriyah PWNU Jatim waktu
itu). Namun di kalangan murid Thariqoh, khususnya Thariqoh Qodiriyah wan
Naqsabandiyah. Istighotsah ini sudah lama dikenal dan diamalkan.
Bacaan istighotsah yang banyak diamalkan oleh
warga Nahdliyyin ini, bahkan sekarang meluas ke seluruh penjuru negeri
sebenarnya disusun oleh KH. Muhammad Romly Tamim, seorang mursyid Thoriqoh
Qodiriyah wan Naqsabandiyah dari Pondok Pesantren Rejoso, Peterongan, Jombang.
Hal ini dibuktikan dengan kitab karangan beliau yang bernama “al-Istighotsah
bi Hadrati Rabb al-Bariyyah” (tahun 1951)yang kemudian pada tahun 1961
diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa oleh putranya, KH. Musta’in Romly.
KH. Muhammad Romly Tamim adalah salah satu
putra dari empat putra Kyai Tamim Irsyad (Seorang Kyai asal Bangkalan, Madura).
Keempat putra Kyai Tamim itu ialah Muhammad Fadli, Siti Fatimah, Muhammad Romly
Tamim, dan Umar Tamim.
KH. Muhammad Romly Tamim lahir pada tahun 1888
di Bangkalan, Madura. Sejak masih kecil. Beliau diboyong oleh orang tuanya, KH.
Tamim Irsyad ke Jombang. Di masa kecilnya, selain belajar ilmu dasar-dasar
agama dan al-Quran kepada ayahnya sendiri, beliau juga belajar kepada kakak
iparnya, yaitu KH. Cholil (pembawa Thoriqoh Qodiriyah wan Naqsabandiyah di
Rejoso)
Setelah masuk usia dewasa, beliau dikirim
orang tuanya belajar ke KH. Cholil Bangkalan, sebagaimana orang tuanya dulu dan
juga kakak iparnya belajar ke beliau. Kemudian setelah dirasa cukup belajar ke
KH. Cholil Bangkalan, beliau mendapat tugas untuk membantu KH. Hasyim Asy’ari
mengajarkan ilmu agama di Pondok Pesantren Tebuireng, sehingga akhirnya beliau
diambil sebagai menantu oleh Kyai Hasyim Asy’ari, yaiu dinikahkan dengan
putrinya yng bernama Izzah binti Hasyim pada tahun 1923. Namun, pernikahan ini
tidak berlangsung lama karena perceraian.
Setelah perceraian tersebut, Mbah Yai Romly
pulang ke rumah orang tuanya di Rejoso. Tak lama kemudian beliau menikahi
seorang gadis dari desa Besuk, krcamatan Mojosongo. Gadis tersebut bernama
Maisaroh. Dari pernikannya dengan Nyai Maisaroh, lahir dua orang putra, yaitu
Ishomuddin Romly (wafat tertembak tentara Belanda ketika masih muda), dan
Musta’in Romly.
Putra kedua Mbah Yai Romly yang terakhir ini
kemudian menjadi seorang kyai besar yang berwawasan luas. Hal ini terbukti saat
beliau menjadi pengasuh di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Rejoso. Beliau
mendirikan sekolah-sekolah umum di dalam pesantren di samping madrasah-madrasah
diniyah yang sudah ada. Sekolah-sekolah umum itu diantaranya SMP, SMA, PGA,
SPG, SMEA, bahkan juga memasukkan sekolah negeri di dalam pesantren, yaitu MTs
Negeri dan MA Negei. Sekolah-sekolah tersebut masih berjalan hingga sekarang.
Di samping menjadi Ketua Umum Jami’iyyah Ahli
Thoriqoh Mu’tabaroh dan Mursyid Thoriqoh Qodiriyah wan Naqsabandiyah pada saat
itu, Dr. KH. Musta’in Romly yang kemudian menjadi menantu KH. Abdul Wahab
Chasbullah Tambakberas ini juga merupakan satu-satunya kyai pertama di
Indonesia yang mendirikan sebuah Universitas Islam yang cukup ternama pada saat
itu (tahun 1965), yaitu Universitas Darul ‘Ulum Jombang.
Kemudian setelah Nyai Maisaroh wafat, Mbah Yai Romly menikah lagi dengan seorang
gadis putri KH. Luqman dari Swaru Mojowarno. Gadis iru bernama Khodijah. Dari
pernikahannya dengan istri ketiga ini lahir putra-putra beliau, yaitu : KH.
Ahmad Rifa’I Romly (menantu Kyai Mahrus Ali Lirboyo, wafat pada tahun 1994);
KH. Shonhaji Romly (menantu Kyai Ahmad Zaini Sampang, wafat pada tahun 1992);
KH. Muhammad Damanhuri Romly (menantu Kyai Zainul Hasan Genggong, wafat oada
tahun 2001); KH. Ahmad Dimyathi Romly (menantu Kyai MArzuki Langitan, wafat
pada tahun 2016); KH. A. Tamim Romly, M.Si (menantu Kyai Shohib Bisri Denanyar)
KH. Muhammad Romly Tamim adalah seorang kyai
yang sangat ‘alim, sabar, sakhiy, wara’, faqih, seorang sufi murni, seorang
Mursyid Thoriqoh Qodiriyah wan Naqsabandiyah, dan pengasuh Pondok Pesnatren
Darul ‘Ulum Jombang.
Diantara murid-murid beliau yang terkenal dan
menjadi kyai besar adalah KH. Muhammad Abbas (Buntet Cirebon), KH. Muhammad
Utsman Ishaq (Sawahpuluh Surabaya), KH. Shonhaji (Kebumen), KH. Imron Hamzah
(Sidoarjo)
KH. Muhammad Romly Tamim, disamping seorang
mursyi, beliau juga kreatif dalam menulis kitab. Diantara kitab-kitab karangan
beliau ialah al-Istighotsah bi Hadrati Rabbi al-Bariyyah, Tsamrotul Fikriyah,
Risalatul Waqi’ah. Risalah ash-Sholawat Nariyah. Beliau wafat di Rejoso
Peterongan Jombang pada tanggal 16 Ramadhan 1377 H atau tanggal 6 April 1958 M.
TATA CARA ISTIGHOTSAH
Melaksanakan Istighotsah, boleh dilakukan secara bersama-sama (jama’ah) dan boleh juga
dilakukan secara sendiri-sendiri. Demikian juga waktunya, bebas dilakukan,
boleh siang, malam, pagi, ataupun sore. Seorang yang akan melaksanakan
istighotsah, seyogianya ia sudah dalam keadaan suci, baik badannya, pakaian dan
tempatnya, dan suci dari hadats kecil dan besar.
Juga tidak kalah pentingnya, seseorang yang
mengamalkan istighotsah menyesuaikan dengan bacaan dan urutan sebagimana yang
telah ditentukan oleh pemiliknya (Mbah Yai Romly). Hal ini penting disampaikan,
sebab tidak sedikit orang yang merubah bacaan dan urutan bacaan istighotsah,
bahkan menambah bacaan sehingga tidak sama dengan aslinya. Padahal urutan
bacaan istighotsah ini, menurut riwayat santri-santri senior Mbah Yai Romly
adalah atas petunjuk dari guru-guru beliau, baik secara langsung maupun lewat
mimpi.
Diceritakan, sebelum membuat wirid istighotsah
ini, Mbah Yai Romly melakukan riyaddhoh dengan puasa selama 3 tahun. Dalam
masa-masa riyaddhohnya itulah beliau memperoleh ijazah wirid-wirid
istighotsahnya dari para waliyulloh. Wirid pertama yang beliau terima adalah
wirid berupa istighfar, dank arena itulah istighfar belia letakkan di urutan
pertama dalam istighotsah. Demikian juga urutan berikutnya adalah sesuai dengan
urutan beliau menerima ijazah dari para waliyulloh yang lainnya. Oleh
karena itu, sebaiknya dalammengamalkan
istighotsah seseorang menyesuaikan urutan wirid-wirid istighotsah sesuai
aslinya.
Setelah siap semuanya, barulah seseorang
menghadap qiblat untuk memulai istighotsah dengan terlebih dahulu menghaturan
hadiah pahala membaca al-Fatihah untuk nabi, keluarga dan sahabatnya, tabi’in,
para wali dan ‘ulama khususnya Shahibul Istighotsah Hadratusy Syaikh KH.
Muhammad Romly Tamim. (Ishomuddin Ma’shum, dosen Universitas Darul
‘Ulum Jombang)
izin copas. terima kasih semoga menjadi amal jariyah
BalasHapusizin copas
BalasHapus