1. اَلحَْمْدُللهِ الَّذِى قَدْ وَفَقَ $ لِلْعِلْمِ خَيْرَ خَلْقِهِ وَللِتُّقَى
Segala puji
bagi Alloh yang Maha #
Penolong
mahluq dengan ilmu dan taqwa
2. حَتَّى نَحَتْ قُلُوْبهُمْ
لِنَحْوِهِ $ فَمِنْ عَظِيْمِ شَأْنِهِ لَمْ تَحْوِهِ
Hingga
hatinya menuju kepadaNya #
Tanpa dapat
memuat kebesaranNya
3. فَاُشْرِبَتْ مَعْنَى ضَمِيْرِ الشَّانِ $ فَأُعْرِبَتْ فِى اْلحَانِ بِاْلاَلْحَانِ
Kalimat
tauhid dimasukkan hatinya #
Lalu hati
bergembira sepenuhnya
4. ثُمَ الصَّلا َ ةُ
مَعْ سَلاَمٍ لاَئِقِ $ عَلَى
النَّبِيِّ اَفْصَحِ اْلخَلاَئِقِ
Sholawat
salam tercurah pada Nabi #
Yang
berpredikat Afshohil kholaiqi
5. مُحَمَّدٍ
وَالاَلِ وَاْلاَصْحَابِ $ مَنْ َاتْقَنُوا
الْقُرْاَنَ بِاْلاِعْرَابِ
Muhammad,
Keluarga dan sahabatnya #
Mereka mengkaji
al-Qur’an kitabya
6. وَبَعْدُ فَاعْلَمْ اَنهُ لمَّّا اقْتَصَرْ $ جُلُّ
اْلوَرَى عَلىَ اْلكَلاَمِ مُخْتَصَر
Setelah itu
kini perhatikanlah ! #
Ringkasan
ulama’ ahli kalamiyah
7. وَكَانَ مَطْلُوْباً اَشَدَّ الطَّـلَبِ $ مِنَ اْلوَرَىْ حِفْظُ الِّسَانِ اْلعَرَبِى
Walau sulit
ringkasan ini terbukti #
Menjaga
lisan arab, ya..dari Ahli
8. كَىْ
يَفْهَمُوْا مَعَانِيَ اْلقُرْاَنِ $ وَالسُّنَةِ الدَّقِيْقَةِ اْلمَعَانِى
Supaya dapat
memahami artinya #
Al-Qur’an
dan sunnah dengan sebenarnya
9. وَالنَّحْوُ اَوْلَى اَوّلاً
اَنْ يُعْلَمَا $ اِذِ اْلكَلاَمُ دُوْنَهُ لَنْ يُفْهَمَا
Ilmu nahwu
lebih utama dikaji #
Tanpanya,
Qur’an – sunnah tak dipahami
10.
وَكَانَ خَيْرُ كُــتْبِهِ الصَّغِيْرَةْ
$ كُرَّسَةً
لَطِيْفَةً شَهِيْرَةْ
Kitab ini
kecil namun yang terbaik #
Goresan yang
lembut, terkenal dan unik
11. فِى عُرْبِهَا
وَعُجْمِهَا وَالرُّوْمِ $ اَلَّفَهَا الْحَبْرُ ابْنُ اَجُرُوْمِ
Ibnu
A-Jurumi pengarang dasarnya #
Terkenal di
Arab dan Manca negara
12. وَانْتَفَعَتْ
اَجِلَةٌ بِعْلِمِهَا $ مَعْ مَاتَرَاهُ مِنْ لَطِيْفٍ حَجْمِهَا
Ulama’ besar
mengambil manfaatnya #
Rahasia ilmu ada di
dalamnya
13.
نَظَمْتُهَانَظْمًا بَدِيْعًا مُقْتَدِى
$ بِاْلاَصْلِ فِى تَقْرِيْبِهِ لِلْمُبْتَدِى
Bagi pemula,
Rangkaian kitab ini #
Tampak indah
sesuai dengan yang asli
14. وَقَدْ
حَذَفْتُ مِنْهُ مَا عَنْهُ غِنَى $ وَزِدْتُهُ فَوَائِدًا بِهَا اْلغِنَى
Mengurangi
kata kadang kulakukan #
Serta
menambah faidah kulakukan
15.مُتَمِّمًا لِغَالِبِ
اْلاَبْوَابِ $ فَجَاءَ مِثْلَ الشَّرْحِ لِلْكِتاَبِ
Karena
menyempurnakan macamnya bab #
Maka terbit
seperti syarahnya kitab
16. سُئِلْتُ
فِيْهِ مِنْ صَدِيْقٍ صَادِقِ $ يَفْهَمُ قَوْلِى لاِقْتِقَادٍ وَاثِقِ
Mengarang
kitab ini terdorong teman #
Mereka paham
karena keyakinan
17. اِذِ اْلفَتَى
حَسْبَ اعْتِقَادِهِ رُفِع $ وَكُلُّ مَنْ لَمْ يَعْتَقِدْ لَمْ يَنْتَفِعْ
Pemuda
tergantung tekadnya yang kuat #
Tanpa tekad
jelas tak dapat manfaat
18. فَنَسْأَلُ
الْمَنَّانَ اَنْ يُجِيـْرَنَا $ مِنَ الرِّياَ
مُضَاعِفًا اُجُوْرَناَ
Ya…..Mannan,
ku hanya mohon kepada Mu #
Jauh riya, lipatkanlah pahalaku
19. وَاَنْ
يَكُوْنَ نَافِعًا بِعِلْمِهِ $ مَنِ اعْتَنىَ بِحِفْـظِهِ وَفَهْمِهِ
Semoga
mendapat manfaat ilmunya #
Orang yang
sungguh menghafal memahamnya.
باب الكلام
20. كَلاَمُهُمْ
لَفْظٌ مُفِيْدٌ مُسْـنَدُ $ وَاْلكلِْمَةُ اللَّفْظُ اْلمُفِيْدُ
اْلمُفْرَدُ
Kalam nahwu
: lafadl mufid serta musnad #
Kilmah
adalah lafadl mufid yang mufrod
21. لاِسْمٍ
وَفِعْلٍ ثُمَّ حَرْفٍ تَنْقَسِمْ $ وَهَذِهِ ثلاَثُهَا هِىَ اْلكَلِمْ
Isim, fi’il
serta huruf; bagiannya #
Ketiganya
terkenal kalim namanya
22. وَاْلقَوْلُ
لَفْظٌ قَدْ اَفَادَ مُطْلَقَا $ كَقُمْ وَقَدْ وَاِنَّ زَيْدَا نِارْتَقَى
Qaul adalah
lafadl mufid yang mutlaq #
Seperti : اِنَّ زَيْدَا نِاْنطَلَقْ , قد , قم
23.فاَلاِْسْمُ بِالتَّنْوِيْنِ وَالْخَفْضِ عُرِفْ $ وَحَرْفِ خَفْضٍ وَبِلاَمٍ وَاَلِفْ
Tanda-tanda isim : Tanwin dan huruf jer #
Kemudian Alif-lam dan mutlaqnya jer
24. وَاْلفِعْلُ
مَعْرُوْفٌ بِقَدْ وَالسِّيْنِ $ وَتَاِءتَأْنِيْثٍ مَعَ التَّسْكِيْنِ
سين , قدdan تأ تأنيث mati tanda fi’il
Dalam
menandai bersikaplah adil
25. وَتَا فَعَلْتَ
مُطْلقًا كَجِئْتَ لِى $ وَالنُّوْنِ وَاْليَا فِى افْعَلَنَّ
وَافْعَلِى
Fi’il dengan
ta’ فعلت ditandai
#
Kemudian nun ِافْعَلَنْ , ya ِافْعَـلِى
26. وَاْلحَرْفُ لمَ ْيَصْلُحْ لَهُ عَلاَمَةْ $ اِلاَّ انْتِفَا قُبُوْلِهِ اْلعَلاَمَةْ
Huruf adalah kalimat tanpa tanda #
Dalam
kalimat isim dan fi’il juga
باب الاعراب
27. اِعْرَابُهُمْ
تَغْيِيْرُآخِرِ اْلـكَلِمْ $ تَقْدِيْرًا اَوْلَفْظًا لِعَامِلٍ عُلِمْ
I’rob Ahli nahwu : Perubahan pada #
Akhir
kalimat sebab amil berbeda
28. اَقْسَامُهُ اَرْبَعَةٌ
فَاْلتُعْتَبَرْ $ رَفْعٌ وَنَصْبٌ وَكَذَا
جَزْمٌ وَجَرْ
Dalam
perkiraan ataupun lafadlnya #
Rafa’,
Nashob, jer dan Jazem bagiannya
29. وَاْلكُلُّ غَيْرَ اْلجَزْمِ فِى اْلاَسْمَا يَقَعْ $ وَكُلُّهَا فِى اْلفِعْلِ وَاْلخَفْضِ
امْتَنَعْ
Selain jazem
I’rob isim semua #
Dan selain
jer I’rob fi’il semua
30. وَسَائِرُ
اْلاَ سْمَاءِ حَيْثُ لاَشِبَهْ $ قَرَّبَهَا مِنَ الْحُرُوْفِ مُعْرَبَةْ
Isim dapat
dihukumi mu’rob bila #
Dengan huruf
dekatnya tidak serupa
31. وَغَيْرُ ذِى
اْلاَسْمَاءِ مَبْنِيٌّ خَلاَ $ مُضَارِعٍ مِنْ كُلِّ نُوْنٍ قَدْ خَلاَ
Fi’il ( lain mudhore’ ) mabni hukumnya #
Serta
mudhore’ ( يفعلن , يفعلن )
باب علامات الرفع
32. لِلرَّفْعِ
مِنْهَا ضَمَّةٌ وَاوٌ اَلِفْ $ كَذَاكَ نُوْنٌ ثَابِتٌ لاَمُنْحَذِفْ
Tanda-tanda I’rob rofa’ ada empat #
Dhommah,
wawu, alif, serta nun yang tetap
33. فَالضَّمُّ فِى
اسْمٍ مُفْرَدٍ كَأَحْمَدُ $ وَجَمْعِ تَكْسَيْرٍ كَجَاءَ اْلاَعْبُدُ
Dhommah
bertempat pada isim yang mufrod #
Dan jamak
taksir seperti yang dimurod.
34. وَجَمْعِ
تَأْنِيْثٍ كَمُسْلِمَاتِ $ وِكُلِّ فِعْلٍ مُعْرَبٍ كَيَأْتِى
Dan jamak
ta’nis, contoh :مسلماتُ #
Serta fi’il mudhore’ contoh : يَسْكُتُ
35. وَاْلوَاوُ فِى جَمْعِ الذُّكُوْرِ السَّالِمِِ $ كَالصَّالِحُوْنَ هُمْ اُولُو اْلمَكَارِمِ
Jama’ mudzakar salim, Wawu rofa’nya #
Seperti جاءَ الصَّالِحُوْنَ contohnya
36. كَما اَتـَتْ
فِى اْلخَمْسَةِ اْلاَسْمَاءِ $ وَهْىَ الَّتِى تَأْتِى عَلَى اْلوِلاَءِ
37. اَبٌ اَخٌ حَمٌ
وَفُوْ وَذُو جَرَى $ كُلٌّ مُضَافًا
مُفْرَدًا مُكَبَّرًا
Juga
bertempat pada Asma’ul khomsah #
ذو , فو , حم , اخ , اب
Jangan salah
Semua berlaku hanya dengan dasar #
Syarat;
mudhof, mufrod dan juga mukabbar
38. وَفِى
اْلمُثَنَّى نَحْوُ زَيْدَا نِِاْلاَلِفْ $ وَالنُّوْنُ فِى اْلمُضَارِعِ الَّذِى عُرِفْ
Isim
tasniyah, Rofa’nya dengan alif #
Tanda nun di
fi’il mudhore’ yang ta’rif
39. بِيَفْعَلاَنِ
تَفْعَلاَنِ اَنْتُمَا $ وَيَفْعَلُوْنَ تَفْعَلُوْنَ مَعْهُمَا
Ya’ni lafadl
يفعلان , تفعلان #
Serta
lafadl يفعلون تفعلون
8
40. وَتَفْعَلِيْنَ
تَرْحَمِيْن حَالِى $ وَاشْتَهَرَتَ بِالْخَمْسَةِ اْلاَفْعَالِ
Dan lafadlتَفْعَلِيْنَ yang sangat mudah #
Terkenal
dengan nama Af’alul khomsah.
باب علامات النصب
41.ِللنَّصْبِ خَمْسٌ
وَهْيَ فَتْحَةٌ اَلِفْ $ كَسْرٌ وَياَءٌ ثُمَّ نُوْنٌ تَـنْحَذِفْ
Tanda I’rob nashob lima tanpa kurang #
Fathah,
alif, kasroh, ya’, nun yang terbuang
42. فَانْصِبْ
بِفَتْحٍ مَا بِضَمٍّ قَدْ رُفِعْ $ ِالاَّ كَهِنْدَاتِ فَفَتْحُهُ مُنِعْ
Yang
rofa’nya dhommah, Nashob dengan fathah
Kecualiهندات dicegah fathah
43. وَاجْعَلْ
لِنَصْبِ الْخَمْسَةِ اْلاَسْماََ اَلِفْ $ وَانْصِبْ بِكَسْرٍ جَمْعَ تَأْنِيْثٍ عُرِفْ
Asma’ul khomsah dengan Alif nashobnya #
Jama’ muannas
salim, Kasroh nashobnya.
44. والنَصْبُ فِى
الاِسْمِ الذِى قَدْ ثُنِيَا $
وَجَمْعِ تَذْكِيْرٍ مُصَحَحٍ بِيَا
Huruf ya’
tanda nashob isim tastniyah #
Dan jamak
mudzakar salim tanpa salah
45. وَاْلخَمْسَةُ
اْلاَفْعَالِ حَيْثُ تَنْتَصِبْ $ فَحَذْفث النُّوْنِ الرَّفْعِ مُطْلَقًا يَجِبْ
Af’alul
khomsah, Nashobnya ditandai #
Dengan membuang nun rofa’ yang
terjadi
باب علامات الخفض
46. عَلاَمَةُ
الْخَفْضِ الَّتِى بِهَا انْضَبَطْ $ كَسْرٌ وَ يَاءٌ ثُمَّ فَتْحَةٌ اَلِفْ
Tanda I’rob jer( Tiga ) yang diterangkan #
Yaitu
kasroh, Ya,, Fathah ditentukan
47. فاخفض بكسر ما
من الاسما عرف $ فى رفعه بالضم حيث ينصرف
Semua isim
yang rafa’nya didhommah #
Selama
munshorif maka jernya kasroh
48. وَاخْفِضْ
بِيَاءٍ كُلَّ مَا بِهَانُصِبْ $ وَالْخَمْسَةُ اْلاَسمَا بِشَرْطِهَا تُصِبْ
Semua isim,
Nashob ya’ : jernya juga #
Serta
asma’ul khomsah dengan syaratnya.
49. وَاخْفِء
بِفَتْحٍ كُلَّ مَا لاَ يَنْصَرِفْ $ ِممَّا بِوَصْفِ الْفِعْلِ صَارَ يَتَّصِفْ
Isim Ghoiru
munshorif difathah jernya #
Ya’ni isim
bersifat fi’il jelasnya
50.بِاَنْ يَحُوْزَ اْلاِسْمُ عِلَّتَيْنِ $ اَوْ عِلَّةً
تُغْنِى عَنِ اثْنَتَيْنِ
Dengan
adanya isim yang beralasan #
Baik satu
maupun dua alasan
51. فَأَلِفُ
التَّاءْنِيْثِ اَغْنَتْ وَحْدَهَا $ وَصِيْغَةُ اْلجَمْعِ اَّلذِى قَدِ اْنتَهَى
Satu alasan
: alif ta’nist yang ada #
Sighot
muntahal jumu’ yang juga sama
52. وَاْلعِلَّتَانِ
اْلوَصْفُ مَعْ عَدْلٍ عُرِفْ $ اَوْ وَزْنِ فِعْلٍ اَوْبِنُوْنٍ وَاَلِفْ
Dua alasan
sifat bersama adil #
Tambahan (
alif-nun ) atau wazan fi’il
53. وَهَذِهِ
الثَّلاَثُ تَمْنَعُ اْلعَلَمْ $ وَزَادَ تَرْكِيْبًا وَاَسْمَاءَ اْلعَجَمْ
Tiga hal
bersama sifat juga alam #
Ditambah
tarkib majzi dan asma’ ajam
54. كَذَاكَ
تَأْنِيْثٌ بِما عَدَا اْلاَلِفْ $ فَاِنْ يُضَفْ اَوْ يَأْتِى بَعْدَ اَلْ صُرِفْ
Dan Juga
ta’nist. Jika ba’da Al-Ta’rif #
Dan jika dimudhofkan maka munshorif
باب علامات الجزم
55.وَالْجَزْمُ فِى
اْلاَفْعَالِ بِالسُّكُوْنِ $ اَوْحَذْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ اَوْنُوْنِ
Tanda I’rob
jazem dua, ( satu : sukun ) #
( Dua :
membuang huruf illat atau nun )
56.فَحَذْفُ نُوْنِ
الرَّفْعِ قَطْعًا يَلْزَمُ $ فِى الْخَمْسَةِ اْلاَفْعَالِ حَيْثُ تُجْزَمُ
Membuang
huruf nun rofa’ dengan pasti #
Pada Af’alul
khomsah, jazem terjadi.
57.وَبِالسُّكُوْنِ
اجْزِمْ مُضَارِعًا سَلِمْ $ مِنْ كَوْنِهِ بِحَرْفِ عِلَّةٍ خُتِمْ
Mudhore’
shoheh. Sukun tanda jazemnya #
Tanpa huruf
illat pada akhirannya
58.اِمَّا بِوَاوٍ
اَوْبِيَاءٍ اَوْ اَلِفْ $ وَجَزْمُ مُعْتَلٍ بِهَا اَنْ تَنْحَذِفْ
Membuang
wawu, Alif, Ya’ jadi tanda #
Jazemnya
Mudhore’ yang mu’tal akhirnya
59.وَنَصْبُ
ذِى وَاوٍ وَيَاءٍ يَظْهَرُ $ وَمَا سِوَاهُ فِى الثَّلاَثِ قَدَّرُ
Nashobya
mu’tal wawu, Ya’ : dijelaskan #
Selain saat
nashob diperkirakan
60.فنَحْوُ يَغْزُو
يَهْتَدِى يخشى خُتِمْ $ بِعِلَّةٍ وَغَـْـُيُرهُ مِنْهَا سَلِمْ
Contohيخشى , يهتدى , يغزو akhirnya #
Huruf illat. (
Mudhore’ shoheh lainnya )
61. وَعِلَّةُ اْلاَسْمَاءِ يَاءٌ وَاَلِفْ $ َفنَحْوُ قَاضٍ
وَاْلفَتَى بِهَا عُرِفْ
Huruf illat
ya’ dan alif bagi isim #
Sepertiقاضٍ danفتىً contoh isim
62. اِعْرَابُ
كُلٍّ مِنْهُمَا مُقَدَّرُ $ فِيْهَا وَلَكِنْ نَصْبُ
قَاضٍ يَظْهَرُ
I’robnya قاض ,فتى diperkirakan #
Tetapiقاض nashobnya
dijelaskan
63. وَقَدَّرُوْا
ثَلاَثَةَ اْلاَ قْسَامِ $ فِى اْلمِيْمِ قَبْلَ اْليَاءِ مِنْ غُلاَمِى
Perkiraan
tiga I’rob pun terjadi #
Pada mim
sebelum ya’ lafadl غلامى
64. وَاْلوَاوُ فِى كَمُسْلِمِيَّ اُضْمِرَتْ $ وَالنُّوْنُ فِى لَتُبْلَوُنَّ قُدِّرَتْ
Wawunya lafadlمُسْلِمِيَّ disimpan #
Nunnya lafadlلَتُبْلَوُنَّ diperkirakan
فصل
65. اَ لْمُعْرَبَاتُ كُلُّهَا قَدْ تُعْرَبُ $ بِاْلحَرَكَاتِ اَوْحُرُوْفٍ تُقْرَبُ
Semua isim yang mu’rob ditandai #
Dengan
harokat atau huruf yang pasti
66.
فَاْلاَوَّلُ اْلقِسْمَيْنِ مِنْهَا اَرْبَعُ
$ وَهيَ الَّتِى مَرَّتْ بِضَمٍّ تُرْفَعُ
Empat bagi
awalnya dua bagian #
Ditandai
dhommah saat dirofa’kan.
67. وَكُلُّ مَا بِضَمَّةٍ
قَدِ ارْتَفَعْ $ فَنَصْبُهُ بِالْفَتْحِ
مُطْلَقًا يَقَعْ
Setiap isi
yang rafa’nya didhommah #
Maka saat nashobnya
harus difathah
68. وَخَفْضُ
ْالاِسْمِ مِنْهُ بِالْكَسْرِ اْلتُزِمْ $ وَاْلفِعْلُ مِنْهُ بِالسُّكُوْنِ مُنْجَزِمْ
Isim tesebut
dengan kasroh, dijerkan #
Fi’il shoheh
dengan sukun dijazemkan.
69. لَكِنْ
كَهِنْدَاتِ ِلنَصْبِهِ انْكَسَرْ $ وَغَيْرُ مَصْرُوْفٍ بِفَتْحَةٍ يُجَرّْ
Namun contohهِنْدَاتٌ nashobnya kasroh #
Dan isim
ghoiru munshorif jernya fathah.
70. َوكُلُّ فِعْلٍ كَانَ مُعْتَلاَّجُـزِمْ $بِحَدْفِ حَرْفِ
عِلَّةٍ كَمَا عُلِمْ
Setiap fi’il
mu’tal tentu jazemnya #
Dengan
membuang huruf illat tandanya
71.وَاْلُمعْرَباَتُ
بِالْحُرُوُفِ اَرْبـَعُ $ وَهِىَ ْالمُثَنَّى وَذُكُوْرٌ تُجْمَعُ
Mu’rob
dengan huruf ( empat bagiannya ) #
Tastniyah
dan jama’ mudzakar rupanya
72. جَمْعًا
صَحِيْحًا كَالْمِثَالِ اْلخَا ِلى $ وَخَمْسَةُ اْلاَسْـمَاءِوَاْلاَفْعَالِ
Dengan jama’
yang shoheh contohnya sudah #
Lalu Asma’ul khomsah, Asma’ul khomsah
73.
اَمَّااْلمُثَنَّى فَلِــرَ فْعِهِ ْالاَلِفْ
$ وَنْصبُهُ وَجَرُّه ُبِاْليَا عُرِفْ
Isim
tastniyah dengan alif rofa’nya #
Dengan huruf
ya’ saat nashob dan jernya
74.
وَكَاْلمُثَنَّى اْلجَمْعُ فِى نَصْبٍ وَجَرْ
$ وَرَفْعُهُ بِاْلوَاوِ مَرَّ وَاسْتَقَرْ
Jama’
seperti tasniyah, nashob - jernya #
Dengan wawu,
Jama’ ketika rafa’nya
75. وَاْلخَمْسَةُ
اْلاَسْمَاكَهَذَاْلجَمْعِ فِى $ رَفْعٍ وَخَفْضٍ وَانْصِبَنَّ بِاْلاَلِفْ
Seperti
jama’, tanda Asma’ul khomsah #
Saat rofa –
jer, namun alif nashobnya.
76. وَاْلخَمْسَةُ
اْلاَفْعَالِ رَفْعُهَا عُـرِفْ $ بِنُوْنِهَا وَفِى سِوَاهُ تَنْحَذِفْ
Dengan nun,
Af’alul khomsah saat rofa’ #
Dengan membuang nun saat lain rofa’
Bekerjalah seakan kau hidup
selamanya
Beribadahlah seakan kau besok tiada
باب النكرة والمعرفة
77. وَاِنْ
تُرِدْتَعْرِيْفَ اْلاِسْمِ النَّكِرَةْ $ فَهُوَ الَّذِى يَقْبَلُ أَلْ مُئَثِّرَةْ
Pengertian dari isim yang nakiroh #
Isim yang
menerima Al muassiroh
78. وَغَيْرُهُ مَعَارِفٌ وَتُخْصَرُ $ فِى سِتَّةٍ فَاْلاَوَّلُ اسْمٌ مُضْمَرُ
Selain nakiroh, makrifat namanya #
Enam macam :
Isim dhomir yang pertama
79. يُكْنَى بِهِ
عَنْ ظَاهِرٍ فَيَنْتَمِى $ لِلْغَيْبِ وَالْحُضُوْرِ وَالتَّكَلُّمِ
Isim dhomir
ganti dari isim dhohir #
Tunjuk arti
ghoib, mutakalim hadir
80. وَقَسّمُوْهُ
ثَانِيًا لمُِتَّصِلْ $ مُسْتَتِرٍ اَوْبَارِزٍ اَوْ مُنْفَصِلْ
Isim dhomir, dua : pertama muttashil #
Mustatir dan
bariz, ke-dua Munfashil
81. ثَانِى اْلمَعَارِفِ
الشَّهِيْرُ بِاْلعَلَمْ $ كَجَعْفَرٍ وِمَِكَّةٍ وَكَالْحَرَمْ
Isim
makrifat ke-dua isim ‘alam #
Contohnya جعفر مكة
,
dan حرم
Milikilah otak London (cerdas)
hati masjidil haram (taqwa)
16
82. وَاُمِّ عَمْرٍ
وَاَبِى سَعِيْدِ $ وَنَحْوِ كَهْفِ الظُّلْمِ َوالرَّشِيْدِ
Laluام عمر dan ابو سعيد
Juga lafadl , كهفُ الظُّلْمِ الرشيدِ
83. فَمَا اَتَى مِنْهُ بِأُمٍّ اَوْبِأَبْ $ فَكُنْيَةٌ وَغَيْرُهُ اسْمٌ اَوْ لَقَبْ
Alam kuniyah اب , ام awalnya #
Alam Asma’
atau Laqob selainnya
84. فَمَا بِمَدْحٍ
اَوْ بِذَمٍّ مُشْعِرُ $ فَلَقَبٌ فَاْلاِسْمُ مَالاَ يُشْعِرُ
Alam Laqob
tunjuk puja atau cela #
Tanpa
tunjukkan, alam Asma’ namanya
85. ثَالِثُهَا ِاَشارَةٌ
كَذَا وَذِى $ رَاِبِعُهَا مَوْصُوْلُ
اْلاِسْمِ كَالَّذِى
Ke-tiga Isim Isyaroh; Contohnya ذى #
Ke-empat
Isim maushul; contoh الذى
86. خَامِسُهَا
مُعَرَّفٌ بِحَرْفِ أَلْ $ كَمَا تَقُوْلُ فِى مَحَلٍّ نِالْمَحَلْ
Ke-lima Isim
yang makrifat dengan ال #
Contoh dari مَحَلٌّ
jadi َاَلْمَحَلْ
87. سَادِسُهَا مَا
كَانَ مِنْ مُضَافِ $ لِـوَاحِدٍ مِنْ هَذِهِ
اْلاَصْنَافِ
Ke-enam,
ya’ni isim yang dimudhofkan #
Pada isim makrifat yang yang
disebutkan
88. كَقَوْلِكَ
ابْنِى وَابْنُ زَيْدٍ وَابْنُ ذِى $ وَابْنُ الَّذِى ضَرَبْتُهُ وَابْنُ اْلبَذِى
Contohابن زيد , ابنى dan ابن ذى #
ابنُ الذى ُقلْتُهُ danابن البذى
باب الافعال
89. اَفْعَالُهُمْ
ثَلاَثَةٌ فِى اْلوَاقِــعِ $ مَاضٍى وَفِعْلُ اْلاَمْرِ وَالْمُضِارِعِ
Kalimat Fi’il dapat dibagi tiga #
Fi’il madi,
Amar, Mudhore’ rupanya
90. فَاْلمَاضِى
مَفْتُوْحُ اْلاَخِيْرِ اِنْ قُطِعْ $ عَنْ مُضْمَرٍ مُحَرَّكٍ بِهِ رُفِعْ
Fi’il madhi
akhirnya difathah bila #
Sepi dari
dhomir mutaharik rafa’
91. فَاِنْ اَتَى
مَعْ ذَا الضَّمِيْرِ سُكِّنَا $ وَضَمُّهُ مَعْ وَاوِ جَمْعٍ عُيِّنَا
Disukun bila
bertemu dhomir rafa’ #
Didhommah
bila bertemu wawu jama’
92. وَاْلاَمْرُ
مَبْنِيٌّ عَلَى السُّكُوْنِ $ أَوْ حَذْفِ حَرْفِ عِلَّةٍ اَوْنُوْنِ
Fi’il Amar mabni jazem ya’ni
sukun #
Dan membuang huruf illat ataupun Nun
Tetap jaga hatimu dari penyakit
duniawi
93.
وَافْتَتَحُوْا مُضَارِعًا بِوَاحِدِ $ مِنَ اْلحُرُوْفِ اْلاَرْبَعِ الزَّوَائِدِ
Huruf
awalnya Mudhore’; Mudhoro’ah #
Ya’ni huruf
empat yang jadi zaidah
94. هَمْزٌ
وَنُوْنٌ وَكَذَا يَاءٌ وَتَا $ يَجْمَعُهَا قَوْلِى اَ نَيْتُ يَا فَتَى
Yaitu :
hamzah, nun, ya’ dan ta’ rupanya #
Terkumpul
dalam kataانيت saja
95. وَحَيْثُ
كَانَتْ فِى رُبَاعِيٍّ تُضَمْ $ وَفَتْحُهَا فِيْمَا سِوَاهُ مُلْتَزَمْ
Mudhore’
madhi rubai; awal dhommah #
Selainnya ruba’I
maka difathah.
باب اعراب فعل المضارع
96. رَفْعُ اْلمُضَارِعِ الَّذِى تَجَرَّدَا $ عَنْ نَاصبٍ وَجَازِمٍ تَأَبَّدَا
Fi’il mudore’ mabni rafa’ selama #
Dengan (amil
nashob, Jazem) tidak jumpa
97. فَانْصِبْ
بِعَشْرٍ وَهِىَ اَنْ وَلَنْ وَكََىْ $ كَذَا اِذَنْ اِنْ صُدِّرَتْ وَلاَمُ كَىْ
Amil nashob
sepuluh ya’ni :كَىْ , لَنْ , اَنْ #
Kemudianِاذَنْ dan juga
لام كى
98.
وَلاَمُ جُحْدٍ وَكَذَا حَتَّى وَاَوْ $ وَاْلوَاوُ وَاْلفَا فِى جَوَابٍ قَدْ عَنَوْا
Laluواو , أو , حتى , لام
جحد dan فاء #
Yang
dijadikan jawab oleh Ulama’
99. بِهِ جَوَابًا
بَعْدَ نَفْيٍ اَوْ طَلَبْ $ كَلاَتَرُمْ عِلْمًا وَتَتْرُكَ التَّعَبْ
Ulama’
menjadikan wawu fa’ jawab #
Harus
setelah
نفى
ataupun طلب
100. وَجَزْمُهُ
بِلَمْ وَلَمَّا قَدْ وَجَبْ $ وَلاَ وَلاَمٍ دَلَّتَا عَلَى الطَّلَبْ
Jazemnya
mudhore’ denganلم dan
لما #
Serta denganلام أمر , لا نهى juga
101. كَذَاكَ اِنْ
وَمَا وَمَنْ وَاِذْمَا $ أَيٌّ مَتَى أَيَّانَ اَيْنَ مَهْمَا
Demikian
juga مَنْ , مَا , ِانْ danاِذَّمَا #
, اين , ايان , متى , ايٌّdan مهما
102. وَحَيْثُمَا وَكَيْفَمَا وَانَّى $ كَاِنْ يَقُمْ زَيْدٌ
وَعَمْرٌ قُمْنَا
Kemudian انى , كيفما ,
حيثما #
Seperti
contoh ان يقُمْ زَيْدٌ
قُمْنَا
103. وَاجْزِمْ
بِاِنْ وَمَا بِهَا قَدْ اُلحِْقَا $ فِعْلَيْنِ لَفْظًا اَوْ مَحَلاًّ مُطْلَقَا
ان dan seterusnya jazemkan mudore’ #
dua ; ya’ni : syarat dan jawab
mudhore’
104.
وَلْيَقْتَرِنْ بِالْفَا جَوَابٌ لَوْ وَقَعْ
$ بَعْدَ ْالاَدَاتِ مَوْضِعَ الشَّرْطِ
اْمَتنَعْ
Membuat
jawab dengan fa’ dibolehkan #
Setelah
syarat, hukumnya ditentukan
باب مرفوعات الاسماء
105. مَرْفُوْعُ
اْلاَسْمَا سَبْعَةٌ نَأْتِى بِهَا $ مَعْلُوْمَةَ اْلاَسْمَاءِ مِنْ تَبْوِيْبِهَا
Berjumlah
tujuh isim yang dirafa’kan #
Sebagaimana
yang akan dijelaskan
106. فَاْلفَاعِلُ
اْسمٌ مُطْلَقًا قَدِ اْرتَفِعْ $ بِفِعْلِهِ وَاْلفِعْلُ قَبْلَهُ وَقَعْ
Fa’il adalah
isim marfu’ pertama #
Isim yang
terjadi setelah fi’ilnya
107. وَوَاجِبٌ فِى
اْلـفِعْلِ اَنْ يُجَرَّدَا $ اِذَالِجَمْعٍ اَوْ مُثَنىًّ أُسْنِدَا
Hukumnya
Fi’il wajib mufrod ketika #
Rupa jamak
atau tasniyah fa’ilnya
108. فَقُلْ أَ تَى
الزَّيْدَانِ وَالزَّيْدُوْنَ $ كَجَاءَ زَيْدٌ وَ يَجِى اَخُوْناَ
Contoh اتى الزيدان
والزيدون #
Sepertiجاء زيد , يجىء
اخونا
109. وَقَسَّمُوْهُ ظَاهِرًا اَوْمُضْمَرًا $ فَالظَّاهِرُ اللَّفْظُ الَّذِى قَدْ ذُكِرَ
Ulama’
membagi fa’il jadi dua #
Ya’ni Fa’il
dhohir dan dhomir rupanya
110. وَاْلمُضْمَرُ
اثْنَا عَشْرَ نَوْعًا قِسْمًا $ كَقُمْتُ قُمْنَا قُمْتَ قُمْتِ قُمْتُمَا
Fa’il dhomir dua belas
bagiannya #
, قمتِ , قمتَ , قمنا , قمتُdanقمتما
111. قُمْتُنَّ قُمْتُمْ قَامَ قَامَتْ قَامَا $ قَامُوا وَقُمْنَ نَحْوُ صُمْتُمْ عَامًا
قامتْ, قام , قمتم , قمتن dan قاما
قمن , قاموا Serta lafadl صمتم عاما
112. وَهَذِهِ ضَمَائِرٌ مُتَّصِلَةْ $ وَمِثْلُهَا الضَّمَائِرُ اْلمُنْفَصِلَةْ
Dhomir tadi
disebut dhomir muttashil; #
Seperti itu
juga dhomir munfasil
113. كَلَمْ يَقُمْ
اِلاَّ اَنـَا وَاَنْتُمُ $ وَغَيْرُ ذَيْنِ بِاْلقِيَاسِ يُعْلَمُ
Contohلَمْ يَقُمْ اِلاَّ
اَنْتُمْ وَاَنَا #
Serta samakanlah dengan yang
lainnya.
Jaga diri dan berhati-hatilah ! di
dunia fana ini tidak ada yang kekal abadi.
باب نائب الفاعل
114. أَقِمْ
مَقَامَ اْلفَاعِلِ الَّذِى حُذِفْ $ مَفْعُوْلَهُ فِى كُلِّ مَا لَهُ عُرِفْ
Fa’il
terbuang digantikan maf’ulnya #
Contoh ُفتِحَ زَيْدٌ
, majhul fi’ilnya
115. َاوْ مَصْدَرًا
اَوْظَرْفًا اَوْ مَـجْرُوْرَا $ ِانْ لَمْ تَجِدْمَفْعُوْلَهُ اْلمَذْكُوْرَا
Diganti
masdar, dhorof ataupun majrur #
Bila tidak
ditemukan maf’ul madzkur
116. وَاَوَّلُ
اْلفِعْلِ الَّذِى هُنَا يُضَمْ $ وَكَسْرُ مَا قَبْلَ اْلاَخِيْرِ مُلْتَزَم
Fi’il madhi
majhul, awalnya didhommah #
Dan huruf
sebelum akhirnya dikasroh
117. فِى كُلِّ مَاضٍى
وَهْوَ فِى اْلمُضَارِعِ $ مُنْفَتِحٌ كَيُدَّعَى وَكَادُّعِى
Fi’il
mudhore’ majhul, awalnya dhommah #
Dan huruf
sebelum akhirnya difathah
118. وَاَوَّلُ
الْفِعْلِ الَّذِى كَبَاعَ $ مُنْكَسِرٌ وَهُوَ اَّلذِى قَدْ شَاعَا
Namun fi’il
ajwaf, Contoh lafadl بَاعَ #
Majhulnya
dikasroh awal jadi بِيْعَ
Awal dari kesuksesan adalah
kesulitan
119. وَذَاكَ
اِمَّا مُضْمَرٌ اَوْ مُظْهَرَ $ ثَانِيْهِمَا كَيُكْرَمُ اْلمُبَشِّرُ
Naib fa’il
ada dua bagiannya #
Naib fa’il
dhohir dan dhmir rupanya.
120. اَمَّا
الضَّمِيْرُ فَهُوَ نَحْوُ قَوْلـِنَا $ دُعِيْتُ اُدْعَى مَا دُعِى اِلاَّ اَناَ
Contoh
pertama يكرم المبشر #
Contoh kedua
دعيت dan yang baru
باب مبتدأ والخبر
121. اَلْمُبْتَدَا
اسْمٌ رَفْعُهُ مُؤَبَّدُ$ عَنْ
كُـلِّ لَفْظٍ عَامِلٍ مُجَرَّدُ
Mubtada’ itu
Isim yang dirafa’kan #
Dari amil lafdy wajib
disunyikan
122. وَاْلخَبَرُ
اسمٌ ذُوْاارْتفَِاعٍ أُسْنِدَا $ مُطَابِقًا فِى لَفْظِهِ لِلْمُبْتَدَا
Khobar itu
isim marfu’ disandarkan #
Pada
mubtada’nya, lafadl disamakan
123. كَقَوْلِنَا
زَيْدٌ عَظِيْمُ الشَّانِ $ وَقَوْ لِنَا الزَّيْدَانِ قََائِمَانِ
Lafadlزَيْدٌ عَظِيْمُ الثَّانِ contohnya
#
Sertaزَيْدَانِ
قَائِمَانِ serupa
124.
وَمِثْلُهُ الزَّيْدُوْنَ قَائِمُوْنَ $ وَمِنْهُ اَيْضًا قَائِمٌ اَخُوْنَا
Seperti
lafadl زَيْدُوْنَ قَائِمُوْنَ #
Dan juga
seperti قَاِئمٌ اَخُوْنَاَ
125. وَالْمُبْتَدَا
اسْمٌ ظَاهِرٌ كَمَا مَضَى $ اَوْ مُضْمَرٌ كَأَنْتَ اَهْلٌ لِلْقَضَا
Mubtada’
dapat berupa isim dhohir #
Dan juga
dapat berupa isim dhomir
126. وَلاَيَجُوْزُ
اْلاِبْتِدَا بِمَــا اتَّصَلْ $ مِنَ الضَّمِيْرِ بَلْ بِكُلِّ مَا اْنفَصَلْ
Mubtada’
tidak boleh dhomir muttashil #
Namun boleh
dengan dhomir yang munfasil
127. أَناَ وَنَحْنُ
أَنتَ أَنتِ أَنتُــمَا $ أَنْتُنَّ اَ نْتُمْ وَهْوَ وَهْيَ هُمْ هُمَا
انت , انت , نحن ,
انا dan انتما
هما , هم , هى , هو , انتم , انتن
128. وَهُنَّ اَيْضًا فَالْجَمِيْعُ اثْنَا عَشَرْ $ وَقَدْ مَضَى مِنْهَا مِثَالٌ مُعْتَبَرْ
Danهن juga, Semua dua belas #
Contohnya انا قائم dengan jelas
129. وَمُفْرَدًا
وَغَيْرَهُ يَأْتِى اْلخَبَرْ $ فَاْلاَوَّلُ اللَّفْظُ الَّذِى فِى النَّظْمِ مَرّْ
Khobar
terbagi dua : yang awal mufrod #
Yang ke-dua
ya’ni
khobar ghoiru mufrad
130.
وَغَيْرُهُ فِى اَرْبَعٍ مَحْسُوْرُ $ لاَغَيْرُ وَهْىَ الظَّرْفُ وَاْلمَجْرُوْرُ
Khobar
ghoiru mufrod, Empat bagiannya #
Pertama :
dorof, Jer majrur yang kedua
131. وَفَاعِلٌ
مَعْ فِعْلِهِ الَّذِى صَدَرْ $ وَالْمُبْتَدَامَعْ مَالَهُ مِنَ الْخَبَرْ
Ke-tiga
Fi’il Fail ( Jumlah Fi’liyah) #
Akhir :
mubtada’ khobar (Jumlah Ismiyah)
132. كَأَ نْتَ
عِنْدِى وَاْلفَتَى بِدَارِى $ وَابْنِى قَرَا وَذَا اَبُوْهُ قَارِى
Contoh : الفتى فى الدار , انت عندى
ابنى قرا dan ذا أبوه قارى
كان واخواتها
133. اِرْفَعْ
بِكَانَ اْلمُبْتَدَا اسْمًا وَاْلخَبَرْ $ بِهَا انْصِبَنْ كَكَانَ زَيْدٌ ذَا بَصَرْ
كان dan saudaranya, rafa’kan isim #
Nashobkan
khobar : كان زيدٌ ذَاعِلْمٍ
134. كَذَاكَ اَضْحَى ظَلَّ بَاتَ اَمْسَى $ وَهَكَذَا أَصْبَحَ صَارَ لَيْسَ
Juga بات , ظل , أضحى sertaامسى #
Seperti itu ليس , صار , أصبح
135. فَتِئَ وَانْفَكَّ وَزَالَ مَعْ بَرِحْ $ اَرْبَعُهَا مِنْ بَعْدِ نَفْيٍ تَتَّضِحْ
زال ¸انفك ¸فتئ danبرح #
ke-empatnya setelah نَفِى
syaratnya
136. كَذَاكَ دَامَ
بَعْدَ مَا الظَّرْفِـيَّةْ $ وَهْىَ التَّىِ َتكُوْنُ مَصْدَرِيَّةْ
Akhwatnya كان terakhir ya’ni دام #
Setelahnya مَا مَصْدَرِيَةْ
ظَرْفِيَةْ
137. وَكُلُّ
ماَصَرَّفْتَهُ مِمَّا سَبَقْ $ مِنْ مَصْدَرٍ وَغَيْرِهِ بِهِ اْلتَحَقْ
Begitu juga
dengan tashrifnya كان #
Dan
akhwatnya, semua amalnya sama.
138. كَكُنْ
صَدِيْقًالاَ تَكُنْ مُجَـافِيَا $
وَانْظُرْلِِكَوْنِىْ مُصْبِحًامُوَافِيَا
Contohnyaكُنْ صَادِقًا danكُنْ صَالِحًا #
Serta contohاُنْظُرْ لِكَوْنِى
مُصْبِحًا
Ilmu itu
suci hanya mau masuk dan bertempat pada benda yang suci, maka sucikanlah dirimu
dari segala hadast dan kotoran.
Biasakan
berwudlu’, Tawadlu’, jujur dan waspada
dan
berdzikir !
َِّانَّ وَاَخْوَاتُهَا
139. تَنْصِبُ
اِنَّ اْلمُبْتَدَااسْمًا وَاْلخَبَرْ $ تَرْفَعُهُ كَكَانَ زَيْدًا ذُوْ نَظَرْ
ِانَّ
dan
akhwatnya menashobkan isim #
Rafa’kan
khobar:اِنَّ زَيْدًا ذُو عَيْنٍ
140. وَمِثْـلُ
ِانَّ اَنَّ لـَيْتَ فِى اْلعَمَلْ $ وَهَكَذَا كَأَنَّ َلكِنَّ لَعَلْ
Seperti ليت , أن ,
ِانَّ beramal #
Juga lafadl لعلْ , لكن , كأن
141. وَاَكَّدُوْا
اْلمَعْنَى بِاِنَّ اَنَّ $ وَلَيْتَ مِنْ َالْفَاظِ مَـنْ تَمَنَى
Faidah
taukid bagi ان dan ان #
Faidah
tamanny bagiannya ليت
142. كَأَنَّ
لِلتَّسْبِيْحِ فِى اْلمُحَاكِى $ وَاسْتَعْمَلُوْ لَكِنَّ فِى اسْتِدْرَاكِ
Faidah tasbih ya’ni lafadl كأن #
Dan faidah istidrok bagi لكن
143. وَلِتَّرَجِّ
وَتَّوَاقُّعٍ لَعَلْ $ كَقَوْلِهِمْ لَعَلَّ مَحْبُوْبىِ وَصَلْ
Lafadlلَعَلَّ tunjuk faidah dua : #
Ya’niتَرَجِّى danتَوَقُّعْ rupanya
Memohonlah
kebaikan kepada-Nya
Dan jangan
sekali-kali meminta kejelekan !
ظن واخواتها
144. اِنْصِبْ
بِظَنَّ اْلمُبْتَدَا مَعَ الْخَبَر$ وَكُلُّ فِعْلٍ
بَعْدَهَاعَلَى اْلاَثَرْ
Nashobkan mubtada’ khobar dengan َظنَّ
Serta jadikanlah maf’ul keduanya
145. كَخِلْتُهُ حَسِبْتُهُ زَعَمْتُهُ $ رَاَيْتُهُ عَلِمْتُهُ وَجَدْتُهُ
خلته dan زعمته , حسبته #
علمته , وجدته ,
رايته
146. جَعَلْـتُهُ
اْتَـخَذْتُهُ فِى كُلِّ مَا $ مِنْ هَذِهِ صَرَفْتَهُ فَلْـيُعْلَمَا
Laluجعلته dan اتخذته #
Dan semua
tasrifnya pun harus tahu
147. كَقَوْلِهِمْ
ظَنَنْتُ زَيْدًا مُنْجِـدًا $ وَاجْعَلْ لَنَا هَذَا اْلمَكَانَ مَسْجِدًا
Contohظننت زيدا
منجدا juga #اجعل لنا هذا المكان مسجدا
الحمدلله
Tidak ada
yang sempurna di dunia ini
kecuali
dengan kehendak-Nya
تم جزأ الاول من
هذا الكتاب
ويليه ان شاْ
الله جزأ الثانى
Tidak ada komentar:
Posting Komentar