Periode Klasik
(antara tahun 1885-1937 M)
Periode ini merupakan masa-masa pembibitan dan
penanaman dasar-dasar berdirinya pondok pesantren. Pemimpin pertama yang
mendirikan pendidikan ini, yaitu KH. Tamim Irsyad dibantu KH. Cholil sebagai
mitra kerja dan sekaligus menjadi menantunya. Beliau menanamkan jiwa Islam yang
diaktualkan dalam bentuk sikap dan juga perbuatan yang nyata dalam kehidupan
sehari-hari.
Berdirinya
Pondok Pesantren Darul 'Ulum bermula dari kedatangan KH. Tamim Irsyad yang
berasal dari Bangkalan Madura ke Rejoso. Beliau adalah santri KH. Cholil
Bangkalan. Beliau datang ke Jombang demi memperbaiki keadaan ekonomi
keluarga. Ditemukanlah Desa Rejoso, tempat secara
naluriah keagamaan KH. Tamim yang amat representatif sebagai lahan perjuangan
menegakkan Islam dengan pengajaran yang pernah beliau terima.
Alasan
lain dipilihnya Desa Rejoso sebagai lahan perjuangan menegakkan Islam oleh
beliau, adalah merupakan
wadah yang dihuni masyarakat hitam dan jauh dari praktik-praktik sehat menurut
norma ajaran Islam. Mereka adalah manusia jahat dalam arti sering melakukan
keonaran tanpa memperhitungkan hak manusia tetangganya. Mereka adalah manusia
yang tidak memperhatikan tata krama pergaulan hidup dalam kebersamaan. Untuk
itulah dua Kyai (KH. Tamim dan KH. Cholil) ini sangat membutuhkan modal yang kuat demi terlaksananya cita
- cita membangun masyarakat yang berbeda sama sekali dengan bentuk masyarakat
yang ada di situ. Modal tersebut memang telah dimiliki olehnya. KH. Tamim
Irsyad adalah ahli dalam syariat Islam disamping memiliki ilmu kanuragan kelas
tinggi. Demikian pula KH. Cholil merupakan pengamal ilmu tasawuf disamping
memiliki bekal ilmu syariat Islam pada umumnya. Beliau waktu itu telah
dipercaya oleh gurunya untuk mewariskan ilmu tharekat qodiriyah
wan-naqsyabandiyah-nya kepada yang berhak menerimanya, dengan kata lain beliau
berhak sebagai Al-Mursyid (guru petunjuk dalam dunia tharekat). Pada periode ini sistem pengajaran ilmu pengetahuan dilaksanakan oleh kedua
beliau dengan sistem ceramah dan praktikum langsung melalui saluran sarana yang
ada pada masyarakat. KH. Tamim Irsyad memberikan pengajian ilmu Al-Qur'an dan
Ilmu Fiqih atau hukum syariat Islam, sedangkan KH. Cholil memberikan pengajian
ilmu tasawuf dalam bentuk pengamalan thareqat qodiriyah wan-naqsyabandiyah
disamping tuntunan ilmu tauhid. Sehingga dengan demikian para santri tidak berat
menjalankan syariat Islam.
Oleh kyai Tamim para santri diberikan syariatnya dan oleh kyai
Cholil dilatih mencintai yang punya syariat Islam. Adapun sarana untuk kegiatan
tersebut ada dua yang masing - masing dibangun tahun 1898 dan tahun 1911, surau
itu sendiri sampai sekarang masih terawat baik, dipakai balai pertemuan dan
pengajian. Santri yang tercatat pada periode ini antara lain dari daerah Jawa
Timur dan Jawa Tengah, terutama dari Jombang. Mojokerto, Surabaya, serta Madura.
Jumlahnya sekitar dua ratus orang (200 siswa) yang tinggal mondok. Potensi
alumnus cukup memadai, sehingga dengannya Darul 'Ulum pada periode berikutnya
berkembang dengan cukup membanggakan.
Sekitar akhir abad sembilan belas (XIX), ketika pondok
pesantren ini berkembang cukup meyakinkan, didatangkanlah kyai Syafawi (adik
kyai Cholil dari Demak, Jawa Tengah) untuk membantu kelancaran pengajian, terutama bidang studi Ilmu Tafsir dan Ilmu Alat. Namun sayang, KH. Syafawi
tidak bertahan lama, karena pada tahun 1904 M beliau meninggalkan dunia fana ini.
20 tahun berikutnya (thun 1930) KH. Tamim Irsyad menyusul berpulang ke rahmatullah. Innalillah Wainna
Ilaihirojiuun. Namun, sebelum beliau wafat, beliau telah mengkader putranya yang kedua, yaitu KH. Romli Tamim, sebagai figur Pimpinan Darul 'Ulum periode kedua.
Sepeninggal kedua beliau diatas, Kyai Cholil tinggal sendiri mengemban amanat
kelangsungan hidup sarana pendidikan yang dibina. Dalam kesendiriannya inilah
Kyai Cholil mengalami Jadzab (menurut istilah Pondok Pesantren), atau
barangkali terserang depresi psychis (menurut istilah Psychologi).
Setelah Kyai Cholil dapat memecahkan problem
pribadinya tersebut barulah beliau bangkit mengemban amanatnya yang semakin
komplek. Beliau saat itu memegang semua bidang studi yang dulu dipegang
berdua bersama KH. Tamim. Tugas-tugas tersebut akhirnya oleh Kyai Cholil dapat didelegasikan
kepada generasi penerus tanpa menimbulkan goncangan sosial, yaitu dengan datangnya KH. Romly Tamim, putra kedua KH. Tamim Irsyad atau adik ipar KH.
Cholil dari Studi di Pondok Pesantren Tebuireng pada tahun 1927 M.
KH. Romli Tamim pulang ke Rejoso dibekali oleh gurunya
beberapa santri antara lain yaitu KH. Akhmad Jufri (Karangkates, Kediri)
dan KH. Zaid Buntet (Cirebon). Dengan kata lain Kyai yang satu ini dapat
menyelesaikan regenerasi dengan mulus tanpa menimbulkan kesenjangan antar
generasi sebelum dengan generasi sesudahnya melalui lahirnya KH. Romli
sebagai tokoh. Tongkat estafet kepemimpinan tersebut akhirnya dapat
diselesaikan Kyai Cholil dengan bukti munculnya tokoh-tokoh baru Pondok
Pesantren sepeninggalan beliau tahun 1937 M (wafat 1937M). Tokoh tersebut antara
lain KH. Romli Tamim putra KH. Tamim Irsyad dan KH. Dahlan Cholil
putra KH. Cholil. Dua tokoh inilah yang memimpin perkembangan pondok
pesantren ini pada periode pertengahan.
Periode Pertengahan (antara tahun 1937-1958 M)
Pondok pesantren yang telah berdiri ini bagai
batu karang di laut, tetap tegar walau ombak menghempas datang. Ditengah-tengah
gelombang juang bangsa Indonesia meneriakkan kata merdeka, pada saat itulah
generasi muda meledakkan dadanya dalam bentuk koperasi, gerakan politik, maupun
bentuk yang lain. Mereka hanya mempunyai satu tujuan; Indonesia harus merdeka.
Generasi Pondok Pesantren ini pun tidak pernah ketinggalan meski dalam bentuk gerakan yang lain. Sepeninggal tokoh-tokoh tua, muncul Kyai Romli Tamim dan Kyai Dahlan Cholil sebagai tokoh muda yang baru saja menyelesaikan studinya di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang yang di asuh KH. Hasyim Asy'ari serta mengembangkan Ilmu Pengetahuan yang diperolehnya dari studi beliau di Mekkah, Saudi Arabia. KH. Dahlan Cholil pulang ke Rejoso tahun 1932 dan kemudian disusul oleh adiknya yang bernama KH. Ma'sum Cholil tahun 1937. Beliau merupakan tokoh-tokoh muda yang selalu menyingsingkan lengan baju dengan keikut sertaan memerdekakan negeri ini dalam bentuk mencerdaskan bangsa lewat sarana pendidikan yang dibinanya. Pada periode inilah Pondok Pesantren ini menunjukan identitas yang sebenarnya. Hal ini dapat dilihat dari nama Pondok Pesantren yang diberikan oleh beliau (KH. Dahlan Cholil), yaitu DARUL 'ULUM (Gudang Ilmu) pada tahun 1933 M.
Tokoh tersebut menekankan bahwa penanaman Darul 'Ulum buka hanya sekedar mengambil nama besar Madrasah Darul 'Ulum yang ada di Makkah Saudi Arabia yang secara kebetulan beliau juga merupakan tokoh Madrasah tersebut waktu masih berdomisili di sana. Namun lebih dari itu, beliau ingin mengambil contoh sebagai wadah sarana pendidikan yang mempunyai corak khas diantara sarana pendidikan yang ada waktu itu, yaitu untuk mencetak manusia-manusia muslim yang tahan cuaca, tidak mudah tergoncang dengan bergantinya masa dan model, hati tetap erat merapat disisi Allah walau bagaimanapun keadaanya, badan kuat menahan godaan hidup. Inilah baru Muslim.
Waktu siang maupun pagi, santrinya diajak langsung oleh beliau bertanam, berdagang menanti rezeki. Jika malam mereka bersujud khusu' menanti hidayah Allah, dan jika fajar telah datang menyambutnya, mereka tersenyum cerah berkat telah datang, mereka masih diberi kesempatan memandang alam. Pendidikan semacam inilah, hasilnya ternyata cukup mengagumkan dan ini telah dirasakan oleh Pondok Pesantren Darul 'Ulum.
Pengkajian ilmu pengetahuan pada periode ini semakin mekar di daerah lain pada umumnya, bukan lagi hanya berliku-liku di daerah ilmu pengetahuan agama saja. Disamping itu pembagian tugas antara tokoh-tokoh yang ada semakin jelas. Kyai Romli Tamim memegang kebijakan umum Pondok Pesantren serta ilmu thasawuf dan thareqat qodiriyah wan naqsyabandiyahnya, KH. Dahlan Cholil memegang kebijakan khusus siasah (manajemen) dan pengajian syariat plus Al-Qur'an. Sedang Kyai Ma'soem Cholil mengemban organisasi sekolah dan managementnya. Sementara itu Kyai Umar Tamim, adik Kyai Romli Tamim, sebagai pembantu aktif di bidang kethareqatan. Semua tugas tersebut masing-masing dibantu oleh santri-santri senior, seperti KH. Ustman Al Isyaqi yang berasal dari Surabaya dalam praktikum qodiriyah wan-naqsyabandiyah.
Ciri khas alumni pada periode ini seakan dapat dijabarkan melalui dua bentuk, antara lain sebagai berikut:
Generasi Pondok Pesantren ini pun tidak pernah ketinggalan meski dalam bentuk gerakan yang lain. Sepeninggal tokoh-tokoh tua, muncul Kyai Romli Tamim dan Kyai Dahlan Cholil sebagai tokoh muda yang baru saja menyelesaikan studinya di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang yang di asuh KH. Hasyim Asy'ari serta mengembangkan Ilmu Pengetahuan yang diperolehnya dari studi beliau di Mekkah, Saudi Arabia. KH. Dahlan Cholil pulang ke Rejoso tahun 1932 dan kemudian disusul oleh adiknya yang bernama KH. Ma'sum Cholil tahun 1937. Beliau merupakan tokoh-tokoh muda yang selalu menyingsingkan lengan baju dengan keikut sertaan memerdekakan negeri ini dalam bentuk mencerdaskan bangsa lewat sarana pendidikan yang dibinanya. Pada periode inilah Pondok Pesantren ini menunjukan identitas yang sebenarnya. Hal ini dapat dilihat dari nama Pondok Pesantren yang diberikan oleh beliau (KH. Dahlan Cholil), yaitu DARUL 'ULUM (Gudang Ilmu) pada tahun 1933 M.
Tokoh tersebut menekankan bahwa penanaman Darul 'Ulum buka hanya sekedar mengambil nama besar Madrasah Darul 'Ulum yang ada di Makkah Saudi Arabia yang secara kebetulan beliau juga merupakan tokoh Madrasah tersebut waktu masih berdomisili di sana. Namun lebih dari itu, beliau ingin mengambil contoh sebagai wadah sarana pendidikan yang mempunyai corak khas diantara sarana pendidikan yang ada waktu itu, yaitu untuk mencetak manusia-manusia muslim yang tahan cuaca, tidak mudah tergoncang dengan bergantinya masa dan model, hati tetap erat merapat disisi Allah walau bagaimanapun keadaanya, badan kuat menahan godaan hidup. Inilah baru Muslim.
Waktu siang maupun pagi, santrinya diajak langsung oleh beliau bertanam, berdagang menanti rezeki. Jika malam mereka bersujud khusu' menanti hidayah Allah, dan jika fajar telah datang menyambutnya, mereka tersenyum cerah berkat telah datang, mereka masih diberi kesempatan memandang alam. Pendidikan semacam inilah, hasilnya ternyata cukup mengagumkan dan ini telah dirasakan oleh Pondok Pesantren Darul 'Ulum.
Pengkajian ilmu pengetahuan pada periode ini semakin mekar di daerah lain pada umumnya, bukan lagi hanya berliku-liku di daerah ilmu pengetahuan agama saja. Disamping itu pembagian tugas antara tokoh-tokoh yang ada semakin jelas. Kyai Romli Tamim memegang kebijakan umum Pondok Pesantren serta ilmu thasawuf dan thareqat qodiriyah wan naqsyabandiyahnya, KH. Dahlan Cholil memegang kebijakan khusus siasah (manajemen) dan pengajian syariat plus Al-Qur'an. Sedang Kyai Ma'soem Cholil mengemban organisasi sekolah dan managementnya. Sementara itu Kyai Umar Tamim, adik Kyai Romli Tamim, sebagai pembantu aktif di bidang kethareqatan. Semua tugas tersebut masing-masing dibantu oleh santri-santri senior, seperti KH. Ustman Al Isyaqi yang berasal dari Surabaya dalam praktikum qodiriyah wan-naqsyabandiyah.
Ciri khas alumni pada periode ini seakan dapat dijabarkan melalui dua bentuk, antara lain sebagai berikut:
1. Bentuk salikin atau ahli praktikum thareqat
qodiriyah wan naqsyabandiyah. Mereka ini adalah lulusan amalan thareqat di
bawah asuhan KH. Romli Tamim Irsyad. Sebagian mereka telah menjadi Al-Mursyid sejak
zaman KH. Romli Tamim
2. Bentuk huffadz atau penghafal Al-Qur'an, yang
merupakn huffadz andalan di masing-masing daerahnya. Mereka ini adalah lulusan
madrasah huffadz Al-Qur'an di asuh langsung oleh KH. Dahlan Cholil.
Demikian pula KH. Romli Tamim sempat menginap di rumah KN1L Mojoagung karena tertangkap Belanda. Ini semua merupakan bukti keterlibatan Pondok Pesantren Darul 'Ulum dalam perjuangan fisik memperjuangkan tanah Indonesia merdeka. Merdeka kata pejuang, merdeka pula para kyai. Karena tekad demikian itulah KH. Romli dan KH. Dahlan sebagai tokoh utama membiarkan santri serta simpatisannya menjadikan pondok pesantren ini sebagai markas tentara Hisbulloh pada kelas D menghajar tentara Belanda. Kereta api sempat diledakkan oleh pejuang Hisbulloh di muka pondok pesantren yang dekat dengan rel kereta api ini.
Pada tahun 1938 didirikanlah sekolah klasikal yang pertama di Darul 'Ulum yang di beri nama Madrasah Ibtidaiyyah Darul ‘Ulum. Sebagai tindak lanjut sekolah tersebut, pada tahun 1949 M didirikan arena belajar untuk para calon pendidik dan da'wah dengan nama Madrasah Muallimin (untuk siswa putra) dan 5 tahun kemudian, pada tahun 1954 M berdirilah sekolah yang sama untuk kaum putri. Sekolah tersebut di huni sekitar 3000 santri. Pada bagian lain keluarga besar Darul 'Ulum, yaitu Jam'iyah thareqat qadiriyah wan-naqsyabandiyah, anggota latihnya meliputi Jombang dan menembus daerah-daerah kabupaten lainya di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Bahkan ada Sulawesi Selatan. Jumlah anggotanya puluhan ribu, dapat disaksikan di pusat latihan Rejoso jika Jam'iyah ini mengadakan perayaan khusus bagi warganya. Yang lazim adalah tiga kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan sya'ban, bulan Muharrom, dan bulan Rabi'ul akhir.
Periode ini di tutup pada tahun 1958, yang di tandai dengan wafatnya kedua tokoh, yaitu KH. Dahlan Cholil pada bulan sya'ban, disusul oleh KH. Romli Tamim pada bulan Raomadlon. Innalillah wa innailaihi raji'un.
Periode Baru Fase Pertama (antara tahun 1958-1985 M)
Sepeninggalan
kedua tokoh tersebut, pondok pesantren Darul 'Ulum mengalami kesenjangan
kepemimpinan, terutama dalam bidang thareqat dan pengajian ilmu Al-Qur'an
dengan segala ilmu bantuanya. Kejadian ini dapat dimaklumi karena dua tokoh
yang telah tiada tersebut merupakan tokoh besar, serta piawai dalam bidangnya.
KH. Romli, mempunyai reputasi pasca sarjana dalam kehidupan thareqat di
daerah Jombang maupun di kalangan Nasional, demikian pula halnya KH. Dahlan Cholil,
reputasi dalam bidang ke-Al-Qur'anan cukup di kenal Ulama semasanya. Ia
terkenal sebagai ulama beraliran keras karena itu terkadang tampak kaku tetapi
konsisten dengan ilmunya.
Alhamdulillah, pada masa transisi antara tahun 1958 - 1961 ini adalah tokoh pendamping kedua almarhum, yaitu KH. Ma'soem Kholil yang selama ini berdomisili di Jagalan, Jombang. Selama kepemimpinan KH. Ma'soem, Darul 'Ulum cukup memuaskan berkat ditemukanya tokoh yang sebelumnya terpendam. Kyai Ma'soem sendiri belum sempat menikmati upaya tersebut karena wafat pada tahun 1961 M. Tokoh baru yang dimaksud adalah lahirnya Kyai Bishri Cholil dan KH. Musta'in Romly sebagai pemimpin utama pada ketokohan periode baru fase pertama ini. Masa ketokohan KH. Musta'in dan KH. Bishri (tahun 196-1985), Darul 'Ulum banyakpembaharuan dalam bidang Struktur organisasi. bidang bentuk pendidikan maupun dalam bidang sarana fisik, perubahan tersebut antara lain bisa dilihat di bawah ini.
Alhamdulillah, pada masa transisi antara tahun 1958 - 1961 ini adalah tokoh pendamping kedua almarhum, yaitu KH. Ma'soem Kholil yang selama ini berdomisili di Jagalan, Jombang. Selama kepemimpinan KH. Ma'soem, Darul 'Ulum cukup memuaskan berkat ditemukanya tokoh yang sebelumnya terpendam. Kyai Ma'soem sendiri belum sempat menikmati upaya tersebut karena wafat pada tahun 1961 M. Tokoh baru yang dimaksud adalah lahirnya Kyai Bishri Cholil dan KH. Musta'in Romly sebagai pemimpin utama pada ketokohan periode baru fase pertama ini. Masa ketokohan KH. Musta'in dan KH. Bishri (tahun 196-1985), Darul 'Ulum banyakpembaharuan dalam bidang Struktur organisasi. bidang bentuk pendidikan maupun dalam bidang sarana fisik, perubahan tersebut antara lain bisa dilihat di bawah ini.
1. Bidang Struktur Organisasi.
Pondok Pesantren Darul 'Ulum sejak tahun ajaran 1962 Struktur organisasinya berubah. Distribusi tugas secara terperinci dijelaskan melalui buku panduan dan papan Struktur. Ini merupakan kemajuan bila dibandingkan dengan periode sebelumnya. Struktur tersebut dijabarkan dalam bentuk tiga dewan.
Pondok Pesantren Darul 'Ulum sejak tahun ajaran 1962 Struktur organisasinya berubah. Distribusi tugas secara terperinci dijelaskan melalui buku panduan dan papan Struktur. Ini merupakan kemajuan bila dibandingkan dengan periode sebelumnya. Struktur tersebut dijabarkan dalam bentuk tiga dewan.
a. Dewan Kyai : Merupakan badan tertinggi.
Beranggotakan para sesepuh Pondok Pesantren. Badan ini di pimpin oleh KH.
Bishri Colil dan KH. Musta'in Romli. Badan ini merupakan dewan penentu
kebijaksanaan prinsipil di Darul 'Ulum.
b. Dewan Guru : Merupakan badan pelaksana
kebijaksanaan dewan kyai dalam bidang kontinuitas pendidikan. Badan ini
beranggotakan guru-guru yarig dipimpin oleh KH. Musta'in Romli.
c. Dewan Harian: Merupakan dewan pelaksana harian
dewan Kyai dalam bidang Administrasi Management dan kegiatan sosial. Badan ini
beranggotakan santri-santri, guru-guru yunior dipimpin oleh Kyai Aehmad Badawi
Cholil, tokoh motor pembaharuan managemen organisasi periode ini.
Kemudian pada tahun 1968 M untuk lebih menerbitkan administrasi
keuangan. dibentuklah dewan keuangan yang ditangani oleh Kyai Muh. As'ad Umar.
2. Bidang Pendidikan
Berbicara mengenai masalah pendidikan. ini merupakan misi utama pondok pesantren Darul 'Ulum yang setiap jengkal langkahnya selalu tidak bisa lepas dari suatu upaya peningkatan kualitas bidang ini. Materi pendidikan yang di berikan pada periode ini hampir semua macam bidang study lelah dimasukkan dalam program yang ada. Berbeda dengan sebelumnya hanya terbatas bidang agama ditambah umum yang diberikan. Ini dilakukan oleh pengasuh untuk menyediakan fasilitas yang sempurna bagi siswa-siswa pondok pesantren apabila kelak harus terjun ke masyarakat. Dan merupakan kelanjutan Pondok Pesantren atas tantangan masyarakat lingkunganya.
Dengan masuknya beragam bidang studi umum tersebut, bukan berarti menelantarkan jam-jam kegiatan studi agama dan sakral agama yang telah mapan. Malah keduanya disejajarkan, diselaraskan dan diberinya ruang gerak berjalan secara smooth dalam wadah yang sama. Pada tahun 1965 di Darul Ulum dibukalah Universitas Darul 'Ulum sebagai kelanjutan wadah pendidikan yang perkembangannya antara tahun 1965 - 1969 M. Universitas tersebut memiliki Fakultas Alim Ulama, fakultas Hukum, fakultas Sosial Politik dan fakultas Pertanian. Pada tahun ini (1989) setelah mengalami pasang surut, Universitas Darul 'Ulum telah memiliki lima Fakultas, antara lain :
1. Fakultas Hukum
2. Fakultas Sosial Politik
3. Fakultas Ushuluddin (Sebagai ganti fak. Alim Ulama)
4. Fakultas Ilmu Pendidikan
5. Fakultas Ekonomi
Pada tahun 1967 sekolah dan madrasah yang berada di naungan Darul Ulum dibagi dalam dua program studi. Program studi yang beralifiliasi dengan Departemen Agama dan Program studi yang mengikuti program studi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tentu masing-masing program studi tetap dinaungi oleh warna kepondokan pesantren Darul Ulum sebagaimana semula, yang akurat dan tradisional itu. Selanjutnya sekolah-sekolah tersebut pada tahun berikutnya (1968) yang beralifiliasi dengan DEPAG dinegerikan melalui Surat Keputusan Menteri Agama No : 67 tahun 1968.
Berbicara mengenai masalah pendidikan. ini merupakan misi utama pondok pesantren Darul 'Ulum yang setiap jengkal langkahnya selalu tidak bisa lepas dari suatu upaya peningkatan kualitas bidang ini. Materi pendidikan yang di berikan pada periode ini hampir semua macam bidang study lelah dimasukkan dalam program yang ada. Berbeda dengan sebelumnya hanya terbatas bidang agama ditambah umum yang diberikan. Ini dilakukan oleh pengasuh untuk menyediakan fasilitas yang sempurna bagi siswa-siswa pondok pesantren apabila kelak harus terjun ke masyarakat. Dan merupakan kelanjutan Pondok Pesantren atas tantangan masyarakat lingkunganya.
Dengan masuknya beragam bidang studi umum tersebut, bukan berarti menelantarkan jam-jam kegiatan studi agama dan sakral agama yang telah mapan. Malah keduanya disejajarkan, diselaraskan dan diberinya ruang gerak berjalan secara smooth dalam wadah yang sama. Pada tahun 1965 di Darul Ulum dibukalah Universitas Darul 'Ulum sebagai kelanjutan wadah pendidikan yang perkembangannya antara tahun 1965 - 1969 M. Universitas tersebut memiliki Fakultas Alim Ulama, fakultas Hukum, fakultas Sosial Politik dan fakultas Pertanian. Pada tahun ini (1989) setelah mengalami pasang surut, Universitas Darul 'Ulum telah memiliki lima Fakultas, antara lain :
1. Fakultas Hukum
2. Fakultas Sosial Politik
3. Fakultas Ushuluddin (Sebagai ganti fak. Alim Ulama)
4. Fakultas Ilmu Pendidikan
5. Fakultas Ekonomi
Pada tahun 1967 sekolah dan madrasah yang berada di naungan Darul Ulum dibagi dalam dua program studi. Program studi yang beralifiliasi dengan Departemen Agama dan Program studi yang mengikuti program studi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tentu masing-masing program studi tetap dinaungi oleh warna kepondokan pesantren Darul Ulum sebagaimana semula, yang akurat dan tradisional itu. Selanjutnya sekolah-sekolah tersebut pada tahun berikutnya (1968) yang beralifiliasi dengan DEPAG dinegerikan melalui Surat Keputusan Menteri Agama No : 67 tahun 1968.
3. Bidang Sarana Fisik
Penyediaan sarana fisik mutlak dibutuhkan bagi terwujudnya mekanisme pendidikan. Disamping memanfaatkan bangunan gedung yang ada, Darul 'Ulum juga menambahkan lagi beberapa gedung untuk asrama dan gedung sekolah. Di pihak lain penyediaan fasilitas pendidikan juga bertambah, seperti yang terlihat di bawah ini.
Penyediaan sarana fisik mutlak dibutuhkan bagi terwujudnya mekanisme pendidikan. Disamping memanfaatkan bangunan gedung yang ada, Darul 'Ulum juga menambahkan lagi beberapa gedung untuk asrama dan gedung sekolah. Di pihak lain penyediaan fasilitas pendidikan juga bertambah, seperti yang terlihat di bawah ini.
1) Pada tahun 1954 dibukalah Madrasah Mu'alimat atas,
satu bentuk sekolah setingkat SMA Khusus bagi siswa putri.
2) Pada tahun 1960 Pimpinan Darul 'Ulum bersama
alumni yang telah meyebar di perguruan tinggi maupun di arena pejuangan sosial
di daerah Surabaya, Malang dan Yogyakarta menciptakan wadah gerak yang disebut
HESDU (Himpunan Eks Santri Darul 'Ulum). Organisasi ini pada kongresnya I Di
Malang mengubah namanya dengan IKAPPDAR (Ikatan Keluarga Pondok Pesantren Darul
'Ulum).
3) Pada tahun 1965 mempunyai tanah milik di Jombang
sebagai lokasi berdirinya Universitas Darul 'Ulum.
4) Antara tahun 1959 - 1982 telah pula disempurnakan
fasilitas belajar, ibadah maupun asrama tempat tinggal.
Demikianlah pembaharuan dan perubahan yang terjadi
pada periode ini. Sementra itu kepemimpinanya juga terjadi tambal sulam.
Seperti yang terjadi pada tahun 1969 sepeninggalan KH. Bishri yang wafat,
kedudukan beliau diambil alih oleh adiknya yaitu KH. Sofyan Cholil sebagai
patner utama KH. Musta'in Romly. Pada tahun 1978 M KH. Sofyan Cholil wafat,
kedudukanya di ganti oleh KH. Muh. As'ad Umar
Periode Baru Fase Kedua (antara tahun 1985-1993)
Perkembangan Kelembagaan Darul 'Ulum pada
fase ini mengalami perubahan dan kemajuan sesuai dengan tuntutan managerial
yang dikehendaki oleh kemajuan kelembagaan Darul 'Ulum Perkembangan itu bisa
dilihat di bawah ini.
1. Perkembangan Kelembagaan.
Pada fase ini pembagian tugas kelembagaan lebih rinci dan disesuaikan dengan Profesi perseorangan yang duduk di personalia lembaga. Ada Yayasan Darul 'Ulum, Yayasan Universitas Darul 'Ulum, dan ada Yayasan thareqat qodiriyah wan-naqsyabandiyah yang berpusat di Darul 'Ulum. Masing-masing Yayasan/lembaga terikat oleh nilai dan norma misi kelembagaan Darul 'Ulum yang termuat garis besar Khittkhah Trisula, yaitu suatu rangkuman nilai dan norma menjadi misi pendidikan Darul 'Ulum. Nilai tersebut bersumber dari nilai-nilai yang berada di lembaga pendidikan Pondok Pesantren Darul 'Ulum, Universitas Darul 'Ulum, dan thareqat qodiriyah wan-naqsyabandiyah. Jadi, pada periode ini lembaga pendidikan Darul 'Ulum lebih meningkatkan profesionalisme dalam kepengurusan kelembagaan yang dimiliki Darul Ulum :
Pada fase ini pembagian tugas kelembagaan lebih rinci dan disesuaikan dengan Profesi perseorangan yang duduk di personalia lembaga. Ada Yayasan Darul 'Ulum, Yayasan Universitas Darul 'Ulum, dan ada Yayasan thareqat qodiriyah wan-naqsyabandiyah yang berpusat di Darul 'Ulum. Masing-masing Yayasan/lembaga terikat oleh nilai dan norma misi kelembagaan Darul 'Ulum yang termuat garis besar Khittkhah Trisula, yaitu suatu rangkuman nilai dan norma menjadi misi pendidikan Darul 'Ulum. Nilai tersebut bersumber dari nilai-nilai yang berada di lembaga pendidikan Pondok Pesantren Darul 'Ulum, Universitas Darul 'Ulum, dan thareqat qodiriyah wan-naqsyabandiyah. Jadi, pada periode ini lembaga pendidikan Darul 'Ulum lebih meningkatkan profesionalisme dalam kepengurusan kelembagaan yang dimiliki Darul Ulum :
1) Lembaga pendidikan Pondok Pesantren Darul 'Ulum.
2) Lembaga Universitas Darul 'Ulum.
3) Lembaga thareqat qodiriyah wan naqsyabandiyah yang
berpusat di Darul Ulum
2. Bidang Pendidikan.
Lembaga pendidikan kejuruan pada babak ini lebih mendapat tekanan dikembangkan disamping lembaga pendidikan umum dan agama.
1. Pada tahun 1988 dibuka program komputer.
2. Pada tahun 1989 dibuka SMEA Darul 'Ulum.
3. Pada tahun 1991 dibuka Akademi Perawatan Darul 'Ulum.
4. Pada tahun 1992 dibuka Sekolah Teknik Menengah Darul 'Ulum.
Pendidikan kejuruan diatas melengkapi lembaga-lembaga pendidikan di Darul 'Ulum yang telah berkembang pada periode baru fase pertama.
Lembaga pendidikan kejuruan pada babak ini lebih mendapat tekanan dikembangkan disamping lembaga pendidikan umum dan agama.
1. Pada tahun 1988 dibuka program komputer.
2. Pada tahun 1989 dibuka SMEA Darul 'Ulum.
3. Pada tahun 1991 dibuka Akademi Perawatan Darul 'Ulum.
4. Pada tahun 1992 dibuka Sekolah Teknik Menengah Darul 'Ulum.
Pendidikan kejuruan diatas melengkapi lembaga-lembaga pendidikan di Darul 'Ulum yang telah berkembang pada periode baru fase pertama.
3. Bidang Fisik Bangunan.
Tututan masyarakat akan kelayakan dalam penyelenggaraan pendidikan menyebabkan pimpinan Darul 'Ulum berupaya secara maksimal membangun sarana fisik demi menunjang santri mencapai tujuan pendidikan yang dinginkan.Usaha pembangunan fisik bisa dilihat dari penambahan ruang kelas dan perkuliahan asrarna dan ruang penunjang. Pada tahun 1986 dibangun gedung perkuliahan fak. Hukum dan Teknik di Jombang; pada tahun 1987 gedung fak. Tarbiyah di Jl. Rejoso Peterongan; pada tahun 1990 gedung pertemuan UNDAR berdiri dengan kapasitas 2.000 orang. Sementara di Pondok Pesantren Darul 'Ulum selama berturu-turut dibangun gedung SMA Darul ‘Ulum tahun 1986 bersamaan gedung asrama Ibnu Siena, pada tahun 1987 dibangun SMA Putri bersama dengan asrama Raden Rahmat, pada tahun 1989 dibangun gedung MAN Rejoso 7 lokal dan MTsN 5 lokal bersamaan dengan asrama Bani Tamim dan Al-Ghozali. Dan terakhir pada tahun 1992 dibangun gedung akademi perawatan Darul 'Ulum.
Semua pembangunan sarana tersebut adalah upaya kongrit Darul 'Ulum memberikan layanan pendidikan
Tututan masyarakat akan kelayakan dalam penyelenggaraan pendidikan menyebabkan pimpinan Darul 'Ulum berupaya secara maksimal membangun sarana fisik demi menunjang santri mencapai tujuan pendidikan yang dinginkan.Usaha pembangunan fisik bisa dilihat dari penambahan ruang kelas dan perkuliahan asrarna dan ruang penunjang. Pada tahun 1986 dibangun gedung perkuliahan fak. Hukum dan Teknik di Jombang; pada tahun 1987 gedung fak. Tarbiyah di Jl. Rejoso Peterongan; pada tahun 1990 gedung pertemuan UNDAR berdiri dengan kapasitas 2.000 orang. Sementara di Pondok Pesantren Darul 'Ulum selama berturu-turut dibangun gedung SMA Darul ‘Ulum tahun 1986 bersamaan gedung asrama Ibnu Siena, pada tahun 1987 dibangun SMA Putri bersama dengan asrama Raden Rahmat, pada tahun 1989 dibangun gedung MAN Rejoso 7 lokal dan MTsN 5 lokal bersamaan dengan asrama Bani Tamim dan Al-Ghozali. Dan terakhir pada tahun 1992 dibangun gedung akademi perawatan Darul 'Ulum.
Semua pembangunan sarana tersebut adalah upaya kongrit Darul 'Ulum memberikan layanan pendidikan
4. Bidang Kepemimpinan.
Kepemimpinan Darul 'Ulum pada periode ini tetap menggunakan sistem keluarga, artinya baik di pondok, di Universitas, maupun di thareqat qodiriyah wan-naqsyabandiyah unsur pimpinanya terdiri atas unsur keluarga besar pendiri Darul 'Ulum yaitu KH. Tamim Irsyad, Beliau mempunyai tiga putra :
Pertama : Nyai H. Fatimah istri KH. Cholil
Kedua : KH. Romly Tamim
Ketiga : KH.Umar Tamim
Dari ketiga putra inilah secara tradisonal mewarisi kepemimpinan Darul ‘Ulum sampai pada fase kedua, sesuai dengan kemampuan dan keilmuan yang dimiliki. Di Pondok Pesantren Darul 'Ulum, di Universitas Darul 'Ulum, kepemimpinan dipegang oleh lembaga Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul 'Ulum, di Universitas Darul 'Ulum dipegang oleh pimpinan Yayasan dan Rektorium. Sedangkan di tareqhat dipegang oleh Al-Mursyid.
Adapun Kepemimpinan pada periode baru fase kedua di Pondok Pesantren Darul 'Ulum secara kolektif berada dalam lembaga Majelis Pimpinan Pondok Pesantren yang personalianya disusun secara struktural berdasar keilmuan dan senioritasnya. Lengkapnya adalah sebagai berikut.
Kepemimpinan Darul 'Ulum pada periode ini tetap menggunakan sistem keluarga, artinya baik di pondok, di Universitas, maupun di thareqat qodiriyah wan-naqsyabandiyah unsur pimpinanya terdiri atas unsur keluarga besar pendiri Darul 'Ulum yaitu KH. Tamim Irsyad, Beliau mempunyai tiga putra :
Pertama : Nyai H. Fatimah istri KH. Cholil
Kedua : KH. Romly Tamim
Ketiga : KH.Umar Tamim
Dari ketiga putra inilah secara tradisonal mewarisi kepemimpinan Darul ‘Ulum sampai pada fase kedua, sesuai dengan kemampuan dan keilmuan yang dimiliki. Di Pondok Pesantren Darul 'Ulum, di Universitas Darul 'Ulum, kepemimpinan dipegang oleh lembaga Majelis Pimpinan Pondok Pesantren Darul 'Ulum, di Universitas Darul 'Ulum dipegang oleh pimpinan Yayasan dan Rektorium. Sedangkan di tareqhat dipegang oleh Al-Mursyid.
Adapun Kepemimpinan pada periode baru fase kedua di Pondok Pesantren Darul 'Ulum secara kolektif berada dalam lembaga Majelis Pimpinan Pondok Pesantren yang personalianya disusun secara struktural berdasar keilmuan dan senioritasnya. Lengkapnya adalah sebagai berikut.
·
Ketua Umum :
KH. MUH. AS'AD UMAR(ALM) -yang sekarang di gantikan oleh KH. A. DIMYATHI ROMLY, SH. yang merangkap jabatan sebagai Ket. Bid.Khusus Pendidikan-
KH. MUH. AS'AD UMAR(ALM) -yang sekarang di gantikan oleh KH. A. DIMYATHI ROMLY, SH. yang merangkap jabatan sebagai Ket. Bid.Khusus Pendidikan-
·
Ketua Bidang
Khusus Pendidikan :
KH. A. DIMYATHI ROMLY, SH.
KH. A. DIMYATHI ROMLY, SH.
·
Sekretaris
Umum :
Drs. KH. CHOLIL DAHLAN
Drs. KH. CHOLIL DAHLAN
·
Koord. Alumni
dan Ikappdar :
KH. A. TAMIM ROMLY, SH.MSi.
KH. A. TAMIM ROMLY, SH.MSi.
·
Koord.
Keuangan :
Drs. ZA'IMUDDIN WIJAYA AS'AD
Drs. ZA'IMUDDIN WIJAYA AS'AD
·
Koord. Kesra
dan Olah Raga :
Drs. H. MUH. IQBAL HASYIM
Drs. H. MUH. IQBAL HASYIM
·
Koord. KAMTIB
:
ROHMATUL AKBAR, ST.
ROHMATUL AKBAR, ST.
·
Koord.
Pengajian dan Kepondokan :
M. HAMID BISHRI, SE. Msi
M. HAMID BISHRI, SE. Msi
AZAS PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM
Asas kelembagaan Darul Ulum sebagai wadah
pendidikan kader bangsa, negara dan agama adalah Pancasila dan Undang - Undang
Dasar 1945.
DASAR AMALIYAH PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM
Dasar amaliyah Darul Ulum sebagai lembaga
sosialisasi nilai agama ahlus sunnah wal jamaah. Dengan petunjuk konstruktif
melalui empat madzhab yaitu madzhab Maliki, Syafi'i, Hambali, dan Hanafi.
TUJUAN PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM
Tujuan dari Pondok Pesantren Darul Ulum adalah
sebagai berikut :
- Membentuk kader muslim yang sejati. aktif dalam menjalankan ajaran islam dan konsekuen terhadap kesaksiannya.
- Menempatkan ilmu pengetahuan sebagai penegak agama dan negara. Seperti semboyan Pondok Pesantren Darul Ulum, maksudnya : Orang - orang yang mempunyai Ilmu pengetahuan selalu dalam sikapnya.
- Membentuk manusia – manusia yang akrab dan selalu mencintai Allah SWT. Lewat kesadaran bahwa hanya petunjuknya yang akan sanggup menciptakan kebaikan seperti sabda Rasulillah SAW :maksudnya barang siapa bertambah ilmunya dan tidak bertambah petunjuk allah SWT, maka akan menjauhkan dari kedamaian.
VISI PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM
شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ
إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَا
إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (ال
عمران : ١٨)
"Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Ali ‘Imron : 18)
MISI PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM
كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ
لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ
وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ
ۚ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ (ال
عمران :١١٠)
“Kamu adalah umat yang terbaik yang
dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang
munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu
lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan
mereka adalah orang-orang yang fasik.” (QS. Ali ‘Imron
: 110)
MOTTO PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM
1. Berotak
London, Berhati Masjidil Haram
2. Berdzikir
kuat, Berfikir cepat, Bertindak tepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar